Telekonfrensi Covid-19 ICG, Menlu: Perlu Disepakati Prosedur Kepulangan Penduduk ke Negara Asal - Realita Rakyat
Connect with us

Luar Negeri

Telekonfrensi Covid-19 ICG, Menlu: Perlu Disepakati Prosedur Kepulangan Penduduk ke Negara Asal

Published

on

Foto: Humas Kemlu

Realitarakkyat.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan, perlunya disepakatinya sebuah protokol bersama atau prosedur mengenai proses kepulangan penduduk ke negara asalnya, dengan mematuhi berbagai prosedur kesehatan. Hal tersebut sangat penting guna memutus rantai penularan dan mencegah kasus impor (Covid- 19 imported cases).

Hal itu disampaikan Menlu dalam Telekonferensi Covid-19 International Coordination Group (ICG) bersama menteri-menteri dari Turki, Afrika Setatan, Singapura, Moroko, Perancis, Kanada, Australia, Jerman, Brazil, Peru, dan lnggris, Selasa (7/4/2020).

Menlu RI juga sampaikan perkembangan kebijakan di mana bandara-bandara di Indonesia nresih terbuka bagi negara sahabat yang ingin mengevakuasi warga negaranya. Di saat yang sama, Pemerintah Indonesia meminta negara lain memfasilitasi kepulangan WNI yang berada di luar negeri ke tanah air, bagi mereka yang memenuhi prosedur kesehatan yang ditetapkan oleh WHO.

Forum ICG diinisiasi oleh Menlu Kanada, yang bertujuan sebagai forum koordinasi rutin bagi Menlu berbagai negara. Tujuan utama adalah menjamin kelancaran penanganan Covid-19. Isu yang mendesak saat ini adalah keamanan proses evakuasi atau lalu lintas orang antar negara dan kelancaran rantai pasok barang kebutuhan medis.

Menlu RI gunakan kesempatan tersebut untuk sampaikan pengalaman inovatif Indonesia dalam memenuhi kekurangan pasokan medis di tingkat nasional, yaitu dengan melakukan kerjasama dengan skema joint productions, sebagaimana yang dilakukan Indonesia saat ini dengan Republik Korea. “kerja sama produksi antara produsen dan pemilik bahan baku perlu terus ditingkatkan untuk menjamin ketersediaan alat pelindung diri”, demikian diusulkan Menlu RI.

Kerja sama ini diharapkan dapat dijadikan contoh oleh negara lain baik untuk produksi APD maupun untuk pengembangan vaksin.

Menlu RI juga sampaikan apresiasinya kepada negara-negara atas dukungannya terhadap resolusi PBB mengenai solidaritas global melawan COVID-19 yang diusulkan Indonesia dan beberapa negara lain. Resolusi tersebut berhasil meraih dukungan dari 188 negara.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Luar Negeri

Amerika Setuju Berikan Sanksi Kepada Pejabat China

Published

on

Continue Reading

Luar Negeri

Kasus Kematian Di Amerika Akibat Corona Tembus 100 Ribu

Published

on

Continue Reading

Luar Negeri

Polisi Hongkong tangkap 300 Orang Pendemo Jelang Pembahasan RUU Lagu Kebangsaan

Published

on

Continue Reading
Loading...