Frustrasi Program Lawan Covid-19 Ditolak, Presiden Dewan Penelitian Eropa Mundur - Realita Rakyat
Connect with us

Luar Negeri

Frustrasi Program Lawan Covid-19 Ditolak, Presiden Dewan Penelitian Eropa Mundur

Published

on

foto: ist/net

Realitarakyat.com – Presiden organisasi ilmiah utama Uni Eropa, mundur dari jabatannya lantaran frustrasi pada respons Uni Eropa terhadap pandemi virus corona. Demikian keterangan Komisi Eropa.

Mauro Ferrari, yang menjadi kepala Dewan Penelitian Eropa (ERC) untuk mandat empat tahun pada 1 Januari, mengajukan pengunduran diri pada Selasa (7/4/2020), yang menurut komisi tersebut segera efektif.

“Komisi menyesali pengunduran diri Profesor Ferrari pada awal mandatnya sebagai Presiden ERC,” kata juru bicara.

Ferrari membuat sebuah pernyataan kepada Financial Times, yang pertama kali melaporkan pengunduran dirinya, dengan mengatakan: “Saya sangat kecewa dengan respons Eropa” terhadap pandemi tersebut.

Ia mengutip penolakan institusional dan perselisihan birokrasi dalam struktur kompleks Uni Eropa atas usulannya untuk program ilmiah berskala besar melawan virus corona.

“Saya tiba di ERC, pendukung kuat Uni Eropa… Krisis COVID-19 sepenuhnya mengubah pandangan saya,” bunyi pernyataan tersebut, merujuk pada istilah ilmiah untuk jenis virus corona baru.

ERC didirikan pada 2007 untuk mendanai para ilmuwan ternama Eropa dengan anggaran 1,86 miliar euro pada 2018. ERC memberikan hibah proyek yang diusulkan oleh para pakar, ketimbang mengikuti arahan politik, menurut situs miliknya.

Pemerintah Uni Eropa dan institusi blok tersebut dituding melakukan respons sembrono terhadap pandemi dengan tidak bergerak cepat atau bekerja sama. Para menteri keuangan Eropa tidak menyetujui paket penyelamat finansial pada Rabu untuk meminimalisasi guncangan pandemi. (rtr/ant/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Luar Negeri

Beginilah Awal Mula Kasus Kematian George Floyd

Published

on

Continue Reading

Luar Negeri

Cegah Kerusuhan, Jam Malam Diterapkan dari LA sampai New York

Published

on

Continue Reading

Luar Negeri

Menkes Arab Saudi : Sudah 70 Persen Kasus Covid Berakhir Dengan Kesembuhan

Published

on

Continue Reading
Loading...