Komisi XI DPR Dorong BI Tarik Dana Hasil Ekspor, Demi Jaga Stabilitas Rupiah - Realita Rakyat
Connect with us

Ekonomi

Komisi XI DPR Dorong BI Tarik Dana Hasil Ekspor, Demi Jaga Stabilitas Rupiah

Published

on

Puteri Komarudin. Foto (istimewa)

Realitarakyat.com – Komisi XI DPR mendorong langkah Bank Indonesia (BI) agar menarik minat eksportir yang memiliki Dana Hasil Ekspor untuk mengkonversi dana tersebut ke dalam rupiah.

Adapun langkah tersebut penting untuk segera dilakukan dalam rangka mendukung ketahanan eksternal ekonomi Indonesia dan stabilitas nilai tukar mata uang rupiah. Hal itu disampaikan Anggota Komisi XI Puteri Komarudin.

“Saya yakin, banyak langkah yang dilakukan BI untuk menjaga agar kurs rupiah tetap kuat. Namun, saya juga ingin mendorong agar BI terus untuk melakukan langkah-langkah menarik minat eksportir yang memiliki Dana Hasil Ekspor untuk mendukung stabilitas nilai tukar rupiah dan ketahanan eksternal ekonomi Indonesia,” kata Puteri saat Rapat Kerja virtual Komisi XI DPR RI dengan Gubernur BI Perry Warjiyo, Rabu (8/4/2020).

Selainn itu, Puteri juga mendorong BI untuk terus mengimbau rekan-rekan pengusaha dan korporasi di Indonesia. Yakni, usul legislator yang akrab disapa Putkom ini, apabila pengusaha dan korporasi nasional tersebut membutuhkan dolar Amerika Serikat (AS) secara segera agar melakukan lindung nilai (hedging) melalui transaksi DNDF (Domestic Non-Deliverable Forward).

“Dan tidak melakukan seluruh transaksi di spot market agar menghindari risiko nilai tukar rupiah yang terdepresiasi atas dolar. Semua ini perlu kita lakukan agar nilai kurs rupiah kita tetap terjaga dan Insya Allah bisa semakin menguat minimal ke angka Rp 15.000 seperti yang sudah BI upayakan,” tutup putri dari mantan Ketua DPR Komarudin, yang kni menjabat Ketua Kaukus Pemuda Parlemen Indonesia (KPPI) tersebut.(vee)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

Atasi Kelangkaan, Kementerian Perdagangan Izinkan Impor Gula Kristal Mentah

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Akibat Corona, Pabrik Sepatu Nike PHK 5 Ribu Karyawan

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Inilah Trafik Kuartal I 2020 PT Pelindo I di Tengah Pandemi Corona

Published

on

Continue Reading
Loading...