Connect with us

Daerah

Langgar PSBB, aparat gabungan tutup puluhan toko di PGC

Published

on

Realitarakyat.com – Aparat gabungan di wilayah hukum Jakarta Timur menutup paksa puluhan toko di Pusat Grosir Cililitan (PGC) sebab tidak menaati ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Senin (13/4/2020).

“Hari ini kita tutup, katanya manager PGC sudah menyampaikan surat supaya ditutup, makanya ini menjadi bahan evaluasi agar ditutup semuanya,” kata Camat Kramat jati, Eka Darmawan di Jakarta, Senin.

Menurut Eka, pemberitahuan terkait penghentian sementara aktivitas berniaga di PGC telah disosialisasikan sejak Kamis (9/4/2020) yang alau.

Puluhan aparat gabungan dari TNI-Polri dan Satpol PP melakukan penyisiran terhadap toko-toko yang masih buka dan memberikan teguran secara lisan.

“Hari ini yang dilakukan tiga pilar dan nanti BKO dari Kostrad melaksanakan razia (sweeping),” katanya.

Menurut Eka, puluhan pengusaha pakaian maupun elektronik yang masih membuka beralasan tidak berjualan secara langsung, melainkan hanya melalui daring (online).

“Alasannya mereka yang buka karena jualan secara ‘online,'” katanya.

Merujuk pada aturan PSBB, kata Eka, jualan secara “online” itu ada kriterianya, bukan barang elektronik, tapi barang kebutuhan pokok. Sedangkan di luar kriteria tersebut wajib tutup sesuai dengan aturan.

“Itu sudah disampaikan dalam surat saya ke pihak pengelola. Makanya ini bekerjasama dengan pihak pengelola, kita sama-sama melakukan imbauan,” katanya.

Eka menegaskan, aparat telah mempersiapkan sanksi tegas bagi para pengusaha yang tidak patuh pada PSBB.

“Besok kita tindak langsung dengan memberi sanksi tegas, tindak pidana ringan hingga pencabutan izin usaha,” katanya.(Ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

KPU Tetapkan Gibran-Teguh Jadi Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Terpilih Pilkada Solo

Published

on

Continue Reading

Daerah

Sudah 35 Bencana Terjadi di Bogor Pada Awal Tahun ini

Published

on

Continue Reading

Daerah

Politisi PKS Asal Lampung Ini Minta KKN Mahasiswa UNILA Ditunda

Published

on

Politisi PKS Junaidi Auly (ist/net)
Continue Reading
Loading...