Connect with us

TNI -POLRI

Pulihkan Mental Pasien Corona, TNI AD Kirim Psikolog Militer ke RS Wisma Atlet

Published

on

foto: ist

Realitarakyat.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat mengirimkan psikolog militer untuk membantu pemulihan kondisi mental pasien COVID-19 yang sedang dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) COVID-19, Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

Dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/4/2020), Dinas Penerangan TNI AD menyebutkan, acara pemberangkatan tim psikolog militer dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Psikologi TNI AD (Dispsiad) dengan jumlah personel tiga orang dipimpin Kapten Didon Permadi.

Kepala Dispsiad Brigjen TNI Dr. Eri Radityawara Hidayat mengatakan, tim psikolog militer tersebut akan bergabung dengan Satuan Tugas TNI, Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) di RSD COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran.

Dikatakan Kadispsiad, sesuai surat perintah Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Sprin/1254/IV/2020 tanggal 17 April 2020, tim Dispsiad akan bertugas selama satu bulan di Wisma Atlet, Kemayoran.

Dalam pelaksanaan tugasnya, tim psikolog TNi AD akan bergabung dengan Tim Psikologi TNI AL dan Tim Psikologi TNI AU, serta relawan dari Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi).

“Kegiatan yang akan dilakukan oleh tim psikologi adalah untuk menjaga kesehatan mental para pasien yang terpapar oleh COVID-19. Seperti kita ketahui bersama, pada saat ini belum ada vaksin untuk menanggulangi COVID-19, sehingga para penderita COVID-19 harus dapat melawan virus ini melalui imunitas tubuhnya sendiri,“ ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia, salah satu faktor yang dapat mengurangi imunitas tubuh adalah kondisi stres dan rasa takut yang dihadapi oleh para pasien COVID-19, sehingga mereka bisa saja merasa bosan saat diisolasi, tidak bisa tidur, dan mengalami depresi.

“Untuk itu, para personel tim psikologi akan mendukung tugas Satgas Kesehatan dalam memulihkan kondisi psikologis pasien COVID-19 di Wisma Atlet sehingga mereka dapat sehat kembali baik secara fisik maupun psikis dan memiliki imunitas tubuh yang dibutuhkan untuk melawan COVID-19,” imbuh Kadispsiad.

Untuk diketahui, sesuai hasil koordinasi Kadispsiad dengan Ketua Himpsi Dr. Seger Handoyo, dalam rangka melakukan standarisasi pelayanan psikologi pandemi Corona bagi para psikolog TNI, pada Rabu (22/4) mendatang akan dilaksanakan pembekalan layanan telekonseling serta panduan layanan psikologi dalam masa tanggap darurat COVID-19.

“Telekonseling akan diselenggarakan oleh Satgas Layanan Psikologi COVID-19 Pengurus Pusat Himpsi dan Himpsi DKI Jakarta, bekerja sama dengan Dinas Psikologi AD, AL, dan AU. Kami sebelumnya telah bekerja sama dengan Himpsi Jawa Barat, para personel Dispsiad telah memberikan layanan telekonseling bagi masyarakat di Jabar,” kata Eri. (ant/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TNI -POLRI

Gubernur Lemhannas: Kewenangan Pengerahan TNI Ada Pada Presiden

Published

on

ilustrasi (ist/net)
Continue Reading

DPR

Komisi III Tegaskan Tak Ada Aturan Kapolri harus Agama Tertentu

Published

on

Anggota Komisi III DPR RI Jazilul Fawaid (ist/net)
Continue Reading

Headline

Panglima TNI : Saat ini Banyak Pengguna Medsos Manfaatkan Sebagai Media Propaganda

Published

on

Continue Reading
Loading...