Connect with us

Ramadan 1441 H

Ini Ngabuburit Ala Santri Alumni PBSB Kemenag

Published

on

Realitarakyat.com – Ada banyak cara mengisi bulan Ramadan, salah satunya berbagi pengalaman saat menjalani perkuliahan. Hal itu yang akan dilakukan para alumni Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kementerian Agama.

Selama Ramadan 1441H, para santri yang tergabung dalam Community of Santri Scholars of Ministry of Religios Affairs (CSS-MoRA) ini akan menyelenggarakan program Ngabuburit Bincang Kisah Studi di Luar Negeri. Program serial CSS-MoRA abroad stories ini akan digelar secara virtual, menghadirkan alumni PBSB yang sedang dan telah menyelesaikan studi di luar negeri.

Pengurus Alumni PBSB Khairurraji menjelaskan bahwa program Ngabuburit bersama Alumni PBSB akan dilaksanakan melalui aplikasi zoom. “Program dilaksanakan pukul 15.30 hingga 17.00 WIB pada tanggal yang telah ditentukan. Peserta dapat mendaftar melalui bit.ly/NgabuburitAlumniPBSB”, kata alumni PBSB UIN Walisongo Semarang ini di Jakarta, dalam laman resmi Kemenag, Jumat (24/04).

Plt. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Imam Safei mengapresiasi program santri alumni PBSB ini. Menurutnya, program ini dapat memberikan pengetahuan dan informasi mengenai kehidupan dan sistem pendidikan di perguruan tingi di luar negeri berdasarkan pengalaman empirik yang mereka jalani.

“Mudah-mudahan program berbagi kisah studi di luar negeri ini dapat menginsipirasi para kader pesantren lainnya,” ungkap Imam Safei yang juga Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam.

Dikatakan Imam, program PBSB di Kementerian Agama dirancang untuk memberikan peluang yang lebih luas bagi para santri untuk mengembangkan minat bakat serta menggapai mimpi-mimpi tentang pendidikan. Menurutnya, kapasitas keilmuan dari seorang santri yang berlatar pendidikan pesantren tak kalah jauh dari para mahasiswa yang lain.

“Alumni PBSB layak untuk diapresiasi karena telah membuktikan dengan pelbagai prestasi gemilang. Sebagian besar di antara mereka dapat menembus program beasiswa di luar negeri. Mereka saat ini telah berkiprah di pelbagai sektor. Semoga mereka dapat menjadi pioner penggerak bangsa yang kreatif dan inovatif,” harap Imam.

Kasubdit Pendidikan Pesantren Basnang Said mengungkapkan bahwa para santri alumni PBSB telah menyebar di berbagai perguruan tinggi luar negeri. Lulus program strata satu di tanah air, mereka melanjutkan jenjang pendidikan Magister dan juga Doktoral di luar negeri.

“Kebijakan Kemenag hari ini, mahasantri PBSB pasca lulus tidak mesti langsung mengabdi ke pondok asalnya. Mereka dapat melanjutkan studi baik di dalam maupun di luar negeri. Kami berharap santri alumni PBSB dapat menyelesaikan studi Doktoral di usia sebelum 30 tahun”, terang Basnang.(vee)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ramadan 1441 H

Istri Bintara TNI Hina Presiden, Serda K Dapat Hukuman Disiplin

Published

on

Continue Reading

Ramadan 1441 H

Jenazah Djoko Santoso Diberangkatkan, Prabowo: Kita Lepas dengan Penuh Kehormatan

Published

on

Continue Reading

Ramadan 1441 H

Jenis olahraga yang aman selama berpuasa Ramadhan

Published

on

Foto: Antara
Continue Reading
Loading...