Inilah Manfaat Konsumsi Bawang Putih untuk Kesehatan - Realita Rakyat
Connect with us

Kesehatan

Inilah Manfaat Konsumsi Bawang Putih untuk Kesehatan

Published

on

foto: ist/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Jutaan orang di seluruh dunia mengkonsumsi bawang putih setiap hari, tapi tidak banyak dari mereka yang mengetahui jika ia sebenarnya memiliki khasiat medis yang sangat hebat.

Rakyat Mesir, Yunani, Babilonia dan Cina Kuno memahami manfaat kesehatan dari bawang putih dan menggunakannya secara luas.

Menurut buku Ayurveda dari India, bawang putih juga merupakan obat yang potensial untuk berbagai penyakit dan kondisi medis, meski ia juga disebutkan memiliki beberapa efek samping.

Karena itu anda dapat terus menggunakan bawang putih dalam pizza dan pasta, tapi anda dapat juga menggunakannya sebagai obat sungguhan saat sakit. Inilah 7 alasan untuk mengkonsumsi bawang putih demi kesehatan anda.

Demam dan flu
Bawang Putih adalah penguat kekebalan tubuh yang ampuh dan akan membantu anda mengatasi demam atau flu dengan cepat, yang disebabkan senyawa sulfur yang terbentuk saat anda menghaluskan, memotong atau mengunyah umbi bawang putih segar.

Ini berarti anda akan memperoleh manfaat maksimal dengan mengkonsumsi bawang putih mentah. Untuk mengatasi flu musiman, ambillah beberapa siung bawang putih mentah atau buatlah secangkir teh bawang putih dengan menambahkan sedikit jahe dan madu untuk membuat rasanya lebih tertahankan. Ini akan memperkuat kekebalan tubuh anda dan meredakan gejala-gejala flu.

Kandungan Gizi
Bawang putih penuh dengan berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan anda secara menyeluruh. Ia memiliki kadar vitamin C, tembaga, zat besi, selenium, magnesium dan vitamin B6 yang tinggi.

Dua nutrisi yang terakhir diketahui bertanggungjawab atas fungsi-fungsi kognisi, kesehatan otak dan suasana hati yang baik.

Bawang putih memiliki kalori yang rendah, yang membuatnya menjadi suplemen makanan yang sempurna untuk meningkatkan kesehatan anda.

Anti-parasit
Selama ribuan tahun nenek moyang kita telah menggunakan bawang putih untuk melawan berbagai jenis infeksi, mencegah parasit dan membuang toksin dari dalam tubuh.

Anda dapat juga menghilangkan bakteri dan infeksi jamur. Obat kumur yang dibuat dari bawang putih akan menghilangkan bakteri-bakteri penyebab karies dari mulut anda, meskipun ini bukanlah formula yang paling menyegarkan.

Konsumsi bawang putih dan ramuan herba tertentu dalam jangka panjang akan membebaskan tubuh anda dari semua jenis parasit.

Menormalkan tekanan darah tinggi
Tekanan darah yang tinggi adalah penyebab dari bermacam-macam gangguan jantung.

Bawang putih tidak hanya membantu mengendalikan tekanan darah, ia juga dapat menyeimbangkan tingkat kolesterol dan menurunkan kadar gula darah.

Semua ini terjadi karena senyawa sulfur Alisin yang terkandung di dalam bawang putih yang baru dipotong, dihaluskan atau di remas.

Ini berarti anda akan memperoleh manfaat maksimal dengan mengkonsumsi bawang putih yang tidak dimasak, karena bawang putih akan kehilangan sebagian besar khasiat medisnya saat anda menggunakannya sebagai bahan masakan.

Kulit yang awet muda
Salah satu penyebab utama kulit kita terlihat lelah dan tua ialah kekurangan kolagen, yang terjadi karena susunan menu yang tidak tepat, siklus tidur yang tidak memadai dan stress.

Semua faktor ini mengarah pada makin banyaknya kerutan, yang membuat anda kelihatan lebih tua dari yang seharusnya. Bawang putih membantu mempertahankan kolagen dan dapat juga digunakan untuk memulihkan berbagai penyakit kulit dan infeksi jamur.

Rambut yang sehat
Anda mungkin pernah mendengar jika bawang dapat berguna untuk memulihkan kerusakan rambut – baiklah, bawang putih dapat juga memberikan beberapa manfaat untuk kecantikan.

Jika anda memiliki rambut yang tipis dan rapuh dan merasa jika sering kehilangan banyak rambut, ambillah sedikit ekstrak bawang putih (dari bawang putih mentah yang dihaluskan) dan gosokkan dengan kembut pada kulit kepala anda.

Seperti telah anda ketahui, semua masalah rambut berawal dari kedua hal ini: menu makanan atau kondisi kulit kepala anda. Anda harus menjaga keduanya tetap sehat! Anda dapat juga mencoba sejumlah minyak sari pati bawang putih dan pijatkan pada kepala anda setidaknya sekali dalam seminggu. Rambut anda akan menjadi jauh lebih kuat.

Cara penggunaannya
Karena anda telah tahu bawang putih putih sangat mengagumkan, terutama jika dikonsumsi mentah, anda mungkin juga ingin menyertakannya pada menu diet anda.

Persiapkan sebuah saus salad asam dengan menghaluskan satu siung bawang putih dan dicampurkan dengan sedikit minyak zaitun atau minyak bunga matahari.

Anda dapat juga membuat semacam olesan untuk roti yang sehat, meskipun agak berbau tajam – cukup haluskan satu siung bawang putih dan campurkanlah dengan sejumlah minyak samin untuk mendapatkan rasa yang lebih baik.

Jika anda tidak terlalu menyukai bawang putih mentah, cukup gunakannya untuk memberikan rasa pada menu vegetarian, sup dan jus buah anda. Tersedia juga beberapa suplemen untuk anda gunakan, yang sama sekali tidak berbau! (ndi)

 

 

sumber herbeauty

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kesehatan

Menkes Terawan “ngantor” di Surabaya Pantau penanganan COVID-19

Published

on

Continue Reading

Kesehatan

PDPI imbau masyarakat waspada atas laporan transmisi airbone COVID-19

Published

on

Continue Reading

Kesehatan

Pakar UI Ingatkan Gelombang Pertama Covid-19 di Indonesia Belum Mencapai Puncak

Published

on

Continue Reading
Loading...