Connect with us

Luar Negeri

WHO Setujui Resolusi Evaluasi Penanganan Corona

Published

on

Realitarakyat.com – Seluruh negara peserta forum Majelis Kesehatan Dunia (WHA) menyatakan menyetujui resolusi yang meminta evaluasi secara mandiri dan menyeluruh tentang penanganan virus corona (Covid-19).

Sidang tersebut digelar oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak Senin (18/5) dan berakhir pada Selasa (19/5) melalui telekonferensi.

“Mari kita beralih ke draf resolusi. Apakah Majelis Kesehatan sudah siap untuk mengadopsi draf resolusi seperti yang diusulkan? Karena saya tidak melihat permintaan apapun dari anggota, saya menganggap tidak ada yang keberatan dan dengan ini resolusi tersebut kita setujui,” kata Presiden WHA, Keva Bain, saat memimpin sidang dari Jenewa, Swiss, seperti dilansir Associated Press, Rabu (20/5).

Resolusi tersebut juga mencantumkan evaluasi akan dilakukan pada saat yang tepat, untuk menelaah pengalaman dan pelajaran yang bisa diambil dari koordinasi internasional WHO soal penanganan terhadap Covid-19.

Akan tetapi, di dalam resolusi tersebut tidak merinci bagaimana, kapan dan siapa yang akan melakukan evaluasi tersebut.

“Seperti biasa, WHO akan tetap berkomitmen untuk tetap terbuka, akuntabel, dan terus melakukan perubahan. Kami menginginkan akuntabilitas melebihi siapapun,” kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam jumpa pers.

Tedros mengatakan saat ini WHO masih fokus menghadapi pandemi dengan mengerahkan seluruh kemampuan.

Kemarin, Tedros berjanji akan melakukan penyelidikan mandiri terkait tanggapan lembaga tersebut dalam menangani virus corona jika kondisinya dinilai sudah tepat.

Pernyataan tersebut disampaikan menanggapi resolusi yang diajukan sejumlah negara Afrika, Eropa dan lainnya untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap penanganan pandemi virus corona.

“Dalam kerangka tersebut, kami menampung resolusi yang diajukan sebelum majelis ini, yang meminta diadakan evaluasi secara mandiri, menyeluruh dan berimbang,” kata Tedros dalam forum sidang Majelis Kesehatan Dunia (WHA) di Swiss.

“Supaya benar-benar menyeluruh, maka evaluasi seperti itu harus didukung oleh seluruh pihak dengan niat baik. Jadi saya akan melakukan evaluasi mandiri dalam waktu yang tepat untuk menilai pengalaman dan pelajaran yang bisa diambil, dan membuat usulan untuk memperbaiki kesiapan menghadapi situasi wabah secara nasional dan pandemi secara global,” ujar Tedros.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Luar Negeri

Ingin Jadi Tuan Rumah Asian Games 2030, Arab Saudi Minta Dukungan Indonesia

Published

on

ist/net
Continue Reading

Luar Negeri

Jepang Dukung Pembentukan Sovereign Wealth Fund Indonesia

Published

on

Jepang sambut baik pembentukan Sovereign Wealth Fund Indonesia (ist/net)
Continue Reading

Luar Negeri

Dubes RI Serahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Finlandia

Published

on

Duta Besar Indonesia untuk Finlandia Ratu Silvy Gayatri (ist/net)
Continue Reading
Loading...