Stap Ahli Amerika Desak WHO Segera Gelar Penyelidikan - Realita Rakyat
Connect with us

Luar Negeri

Stap Ahli Amerika Desak WHO Segera Gelar Penyelidikan

Published

on

Realitarakyat.com – Pemerintah Amerika Serikat mendesak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk bergegas melakukan penyelidikan dan menetapkan linimasa pandemi virus corona (Covid-19) seperti yang sudah dijanjikan beberapa waktu lalu.

Permintaan tersebut disampaikan oleh Staf Ahli bidang Kesehatan AS, Brett P. Giroir, melalui surat kepada WHO.

“Seperti yang sudah dijelaskan oleh Presiden (Donald) Trump melalui surat kepada Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Gebreyesus pada 18 Mei lalu, bahwa jangan membuang-buang waktu untuk mulai melakukan reformasi dan memastikan pandemi tidak terjadi lagi,” demikian isi surat Giroir.

“Kami memuji usulan tentang evaluasi secara berimbang, mandiri dan menyeluruh yang dilakukan dengan meminta pendapat negara-negara anggota, dan mendesak supaya upaya tersebut segera dilakukan,” ujar Giroir.

Menurut Giroir, AS berharap WHO bisa memberikan informasi yang rinci dan tepat terhadap rangkaian kejadian, serta memaparkan proses pengambilan keputusan terkait pandemi virus corona.

Seluruh negara peserta forum Majelis Kesehatan Dunia (WHA) menyatakan menyetujui resolusi yang meminta evaluasi secara mandiri dan menyeluruh tentang penanganan virus corona (Covid-19).

Sidang tersebut digelar oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak Senin (18/5) dan berakhir pada Selasa (19/5) melalui telekonferensi.

Resolusi tersebut juga mencantumkan evaluasi akan dilakukan pada saat yang tepat, untuk menelaah pengalaman dan pelajaran yang bisa diambil dari koordinasi internasional WHO soal penanganan terhadap Covid-19.

Akan tetapi, di dalam resolusi tersebut tidak merinci bagaimana, kapan dan siapa yang akan melakukan evaluasi tersebut.

“Seperti biasa, WHO akan tetap berkomitmen untuk tetap terbuka, akuntabel, dan terus melakukan perubahan. Kami menginginkan akuntabilitas melebihi siapapun,” kata Tedros.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Luar Negeri

Jepang Berhasil Tekan Penyebaran Corona Tanpa Kebijakan Ketat

Published

on

Continue Reading

Luar Negeri

Unit Kepolisian Ukraina Dibubarkan Setelah Memperkosa Saksi Wanita

Published

on

Continue Reading

Luar Negeri

Longgarkan Penguncian, Palestina Kembali Buka Masjid dan Gereja di Tepi Barat

Published

on

Continue Reading
Loading...