Desa Batangpane II Tunda Pembagian BLT, Pemerintah Akui Data Masih Tumpang Tindih - Realita Rakyat
Connect with us

Ekonomi

Desa Batangpane II Tunda Pembagian BLT, Pemerintah Akui Data Masih Tumpang Tindih

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pabagian BLT Dana Desa Batang Pane II Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara di tunda, kamis 28/5/2020.

“Dana Desa Batang Pane II Ta 2020 sebesar 715 juta, ADD 209 juta, BLT DD berdasarkan musyawarah desa berjumlah 47 KK, BLT Pemkab Paluta 38 KK (belum ditetapkan dan masih verivikasi), BST desa Batang Pane II 118 KK”, jelasnya.

Selanjutnya, Sekcam Halongonan Timur Hary Mangaraja Harahap dalam penyampaiannya dikantor Desa Batang Pane II, dia mendapat perintah bahwa dari kabupaten memerintahkan data harus diperbaharui.

“Data BLT Pemkab Paluta yang 38 KK diperintahkan supaya dimasukkan kedata BLT Dana Desa Batang Pane II”, begitu juga desa lain, jelasnya.

Untuk itu, Pak Camat meminta saya seluruh kepala desa untuk mengadakan rapat membahas terkait perobahan Data BLT Dana Desa dan data BLT Pemkab Paluta.

“Perobahan data BLT Dana Desa dan BLT Pemkab Paluta, saya belum tau apa alasan perobahan data”, tutup Hary Mangaraja Harahap.

Pemerintah Akui Data Masih Tumpang Tindih

Presiden Jokowi mengakui masih ada masalah dalam pendataan penerima dana bantuan sosial yang terdampak COVID-19, khususnya pada pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Ia berjanji akan memperbaiki data tersebut pada pembagian BLT Tahap II agar tidak tumpang tindih. “Memang ada satu, dua, tiga yang berkaitan dengan data itu masih belum bisa diperbaiki,” kata Jokowi, Kamis (28/5/2020).

Pada kesempatan yang sama, Menteri Sosial (Mensos) RI Juliari Batubara juga mengakui data penerima bantuan sosial (bansos) khususnya untuk tahap pertama masih tumpang tindih dan belum sempurna.

“Kami sadar bahwa tahap pertama ini masih saja ada kekurangan dan masih ada data yang sedikit tumpang tindih, di tahap kedua in syaa Allah koordinasi lebih baik lagi bisa diatasi dengan baik,” kata Mensos Juliari setelah mendampingi Presiden Joko Widodo.

Ia mengatakan semua yang dilakukan pemerintah dalam menanggulangi dampak pandemi COVID-19 diakuinya masih jauh dari kesempurnaan.

Namun pemerintah pusat berupaya untuk memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah (Pemda) dalam rangka penguatan data penerima bansos.

“Apa yang sudah pemerintah lakukan melalui bantuan sosial tunai atau BST dan bansos sembako juga untuk wilayah Jabodetabek tentu masih jauh dari kesempurnaan, kami juga terus meng-update data dari pemda juga,” katanya.

Pemda bekerjasama dengan Kemensos untuk mengkomunikasikan apabila ada warga-warga terdampak yang perlu dibantu tapi belum mendapat di tahap pertama dapat dimasukkan ke tahap kedua.

Ia menargetkan pembagian bantuan sosial tunai (BST) tahap kedua sebesar Rp600 ribu sudah bisa dibagikan sebelum Idul Fitri.

Khusus bantuan langsung tunai, pemerintah pusat melalui Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berharap pemerintah daerah ikut memberikan data di luar DTKS agar bisa menerima bantuan tepat sasaran, terutama bagi orang-orang yang jatuh miskin akibat COVID-19.

“Mereka ini warga negara, penduduk kita yang semula tidak terkategori tidak mampu atau tidak miskin tapi sekarang menjadi jatuh miskin akibat dari COVID-19 ini atau kalau saya boleh menyebut miskin kagetan. Semula tidak miskin, kemudian jatuh miskin akibat dampak dari COVID-19,” kata Muhadjir.

“Ini tentu saja perlu ada pencarian data, verifikasi data dan kemudian baru dipastikan mereka harus mendapatkan bantuan dan inilah sesuai arahan bapak presiden supaya diutamakan, diperhatikan betul, kelompok masyarakat yang sekarang mendadak menjadi miskin ini,” lanjut Muhadjir.(Din/Haryan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

Bahlil : Investor Pilih Vietnam, Karena Di Indonesia Harga Tanahnya Mahal

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Apindo Sebut Ekonomi Batam Terdampak Resesi Singapura

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Airlangga Hartarto Beberkan Cara Pemerintah Percepat Pemulihan Ekonomi

Published

on

Continue Reading
Loading...