Aturan Ganjil Genap Sepeda Motor, Polda Metro Tunggu Keputusan Dishub DKI - Realita Rakyat
Connect with us

Metropolitan

Aturan Ganjil Genap Sepeda Motor, Polda Metro Tunggu Keputusan Dishub DKI

Published

on

ilustrasi foto: ist/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Polda Metro Jaya masih menunggu keputusan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta terkait pemberlakuan sistem ganjil-genap bagi sepeda motor.

“Domainnya pada Dishub DKI Jakarta, kapan itu diberlakukan ganjil-genapnya,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (6/6/2020).

Yusri mengatakan, dari hasil rapat koordinasi Polda Metro Jaya dan Dishub DKI Jakarta, pemberlakuan sistem ganjil-genap untuk motr masih dalam tahap pembahasan dan belum diberlakukan.

Jajaran Polda Metro Jaya juga telah menyatakan kesiapan untuk mendukung dan melaksanakan penegakan hukum kapan pun Dishub DKI Jakarta memutuskan untuk memberlakukan sistem ganjil-genap.

“Hasil rapat koordinasi kemarin ganjil-genap ini masih kita evaluasi, sambil menunggu keputusan dari Dishub DKI Jakarta. Jadi kalau Dishub mau memberlakukan kapanpun dari kami siap membantu,” ujarnya.

Menurut Yusri, zona ganjil-genap roda dua diperkirakan akan mengikuti zona yang sama untuk roda empat.

“Dalam aturan dikatakan daerah kawasan pengendalian lalu lintas memang yang sudah ditentukan Dishub. Contoh sekarang kawasan mana yang ganjil-genap? Sekarang kan mobil ganjil-genap itu nanti diikutsertakan motor juga,” ujarnya.

Untuk saat ini pihaknya tidak akan melakukan penilangan bagi pengendara roda dua yang melanggar ganjil-genap sebelum ada peraturan daerah (perda).

“Jadi kami belum bisa melakukan penilangan sebelum ada perda. Karena kami hanya ada perda penilangan terhadap kendaraan beroda empat,” tuturnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Basweda telah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 51 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif.

Peraturan gubernur tersebut juga mengatur pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil-genap untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

Pada Pasal 18 juga diatur kendaraan roda dua dan roda empat bernomor ganjil hanya bisa melintas di ruas jalan pada tanggal ganjil. Sedangkan kendaraan roda dua dan roda empat bernomor genap hanya bisa melintas di ruas jalan pada tanggal genap. (ant/fir)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Metropolitan

Hari Ini, TransJakarta Uji Coba Bus Listrik Rute Balai Kota-Blok M

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Metropolitan

Dinas Pariwisata DKI Diminta Tak Biarkan Tempat Hiburan Malam Beroperasi Saat PSBB Transisi

Published

on

Continue Reading

Metropolitan

Menang Sengketa Reklamasi Pulau H, Anies Ngaku Percaya Diri

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading
Loading...