Inilah Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Diabaikan - Realita Rakyat
Connect with us

Kesehatan

Inilah Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Diabaikan

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Mungkin Anda pernah atau bahkan sering merasakan berbagai gejala seperti nyeri di bagian dada, berat badan tiba-tiba berkurang, dan gejala lainnya.

Gejala tersebut terkadang Anda rasakan sesekali dan hilang timbul, tetapi Anda tak pernah mengacuhkannya karena dianggap tidak penting. Padahal gejala tersebut bisa saja merupakan gejala penyakit, namun karena Anda tidak menyadarinya gejala tersebut akan semakin parah dan membuat penyakit Anda bertambah buruk.

Apa saja gejala penyakit berbahaya yang sering diabaikan?

1. Nyeri dada
Apabila Anda mengalami nyeri dada, terasa sesak, dan tertekan walaupun hanya sebentar saja, jangan diremehkan, karena bisa saja hal tersebut merupakan tanda-tanda penyakit jantung. Kemungkinan lain adalah adanya gangguan pada sistem pencernaan seperti, kembalinya makanan ke tenggorokan dari lambung. Gangguan ini memang tidak mengancam jiwa tetapi termasuk penyakit kronis yang bisa dialami dalam waktu yang lama.

2. Susah bernapas atau napas menjadi pendek
Napas yang pendek saat keadaan normal – bukan ketika berolahraga atau beraktivitas fisik berat – dapat diakibatkan karena ada sesuatu yang menghalangi saluran pernapasan. Kondisi ini biasanya terjadi jika Anda mengalami asma, peradangan bronkus kronis, dan pneumonia. Bahkan napas pendek juga bisa menjadi gejala penyakit jantung dan pembuluh darah.

3. Mengalami penurunan berat badan yang signifikan
Apakah Anda pernah mengalami penurunan berat badan padahal tidak sedang program atau merencanakannya? Penurunan berat badan sebesar 5% dari total berat badan sebelumnya selama 6 bulan merupakan tanda bahwa terjadi gangguan pada metabolisme tubuh. Salah satu penyebab yang mungkin membuat berat badan Anda berkurang adalah penyakit kanker, diabetes mellitus, gangguan hormon, masalah pada kelenjar tiroid, serta mengalami depresi berat.

4. Semakin gemuk, terutama pada bagian perut
Apakah celana Anda semakin lama semakin sempit dan tidak bisa dikancing? Jika iya, maka Anda harus berhati-hati. Hal ini menandakan bahwa Anda mengalami peningkatan berat badan dan penumpukan lemak pada bagian perut. Penumpukan lemak di bagian perut merupakan kondisi yang sangat berbahaya dan bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit jantung koroner, gagal jantung, dan stroke.

5. Kaki kram saat berjalan atau menaiki tangga
Sebagian besar orang sering mengalami kram pada kaki dan akan hilang dalam beberapa saat jika ia beristirahat. Namun kaki kram yang tidak kunjung sembuh walaupun sudah beristirahat bisa jadi merupakan tanda adanya masalah pada pembuluh darah arteri kaki akibat penyumbatan pembuluh darah.

Jika kram ini tidak diperiksa lebih lanjut, maka bukan tidak mungkin seseorang akan kehilangan kakinya akibat jaringan pada kaki mati karena tidak mendapatkan makanan dari aliran darah.

6. Memiliki kulit yang sangat kering
Apakah kulit Anda selalu kering dan bahkan mengelupas sendiri? Beberapa ahli mengatakan bahwa apabila seseorang mempunyai kulit yang sangat kering, dapat diakibatkan karena ia mengalami kekurangan zat gizi seperti zink atau gangguan terhadap kelenjar tiroidnya. Hal ini harus dikonsultasikan pada dokter ahli kulit. Biasanya, pengobatan yang diberikan adalah suplemen dan lotion.

7. Adanya perubahan pada payudara wanita
Apabila Anda sedang tidak menyusui namun payudara Anda terlihat tidak normal, seperti warna permukaan kulit payudara berubah, ada benjolan, timbul rasa tidak nyaman, serta keluar cairan dari puting, maka Anda perlu curiga. Segera periksakan diri ke dokter yang ahli jika mengalami hal ini. Karena kondisi ini termasuk sebagian dari gejala penyakit kanker payudara.

8. Salah satu bagian tubuh bengkak
Jika Anda merasa salah satu tubuh Anda membengkak, entah itu di kaki, tangan, atau tempat lain maka segerakan untuk memeriksa diri ke dokter. Pembengkakan atau adanya penambahan massa di salah satu organ tubuh dapat disebabkan berbagai kondisi medis ringan hingga berat, seperti tumor dan kanker.

Sedangkan bengkak di bagian kaki juga bisa diakibatkan karena adanya penumpukan cairan yang disebut dengan edema. Edema merupakan tanda dan gejala penyakit degeneratif, seperti gagal jantung dan gagal ginjal. (*)

 

 

sumber: hellosehat

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

BPOM: Uji Klinik Tahapan Penting Pengembangan Vaksin Covid-19

Published

on

Continue Reading

Headline

Fahri Hamzah soal Vaksin: Kemana Lembaga Riset Kita,Kok Kita Kayak Nunggu Negara Lain?

Published

on

Continue Reading

Headline

Tenaga Medis Yang Gugur Dalam Menangani Covid 19 Akan Dapat Santunan dan Tanda Jasa

Published

on

Continue Reading
Loading...