LIPI Serahkan Alat Terapi Oksigen Beraliran Tinggi Kepada Jatim - Realita Rakyat
Connect with us

Headline

LIPI Serahkan Alat Terapi Oksigen Beraliran Tinggi Kepada Jatim

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyerahkan bantuan alat terapi oksigen beraliran tinggi Gerlink LIPI High Flow Nasal Cannula–01 kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Bantuan diserahkan oleh Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Agus Haryono kepada Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur pada Selasa, (7/7/20202).

Penyerahan bantuan itu karena Jawa Timur masih menjadi provinsi dengan total kasus positif COVOD-19 yang terbanyak di Indonesia.

Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 pada Selasa (7/7/20) menunjukan total kasus positif di Jawa Timur mencapai 14,321 kasus atau 22 % dari total kasus nasional.

Gerlink LIPI High Flow Nasal Cannula- 01 sendiri merupakan produk alat terapi oksigen beraliran tinggi yang pertama di Indonesia.

Alat ini telah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan dengan Nomor Izin Edar Alat Kesehatan: KEMENKES RI AKD 20403020951 dan dapat digunakan penyedia layanan kesehatan untuk meringankan gejala pernafasan yang diderita pasien.

“Semoga bantuan ini dapat membantu penanganan pandemi COVID-19 khususnya di Jawa Timur. Apalagi saat ini Jawa Timur merupakan daerah dengan kasus positif COVID-19 tertinggi di Indonesia,” jelas Agus.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan LIPI kepada Jawa Timur. Khofifah menyebut bantuan tersebut sebagai wujud kegotongroyongan melawan COVID-19. “Terima kasih kepada LIPI yang memberikan bantuan kepada kami. Terimakasih atas seluruh ikhtiar luar biasa yang dilakukan bersama-sama. Insya Allah Jawa Timur bisa menang melawan COVID-19,” kata Khofifah.

Gerlink LIPI High Flow Nasal Cannula- 01 sendiri menjadi salah satu dari jenis produk anestesi terbaik kelas 2B, yaitu High Flow Humidifier Oxygen Device atau alat terapi oksigen beraliran tinggi. Alat ini sangat berguna untuk pasien COVID-19 untuk tahap awal jika pasien masih dalam kondisi dapat bernafas sendiri. Alat ini mencegah pasien tidak sampai gagal nafas dan tidak harus diinkubasi menggunakan ventilator invasif.

Sistem kerja alat ini adalah aliran tinggi menggunakan sistem tabung venturi yang berbasis pada penyempitan aliran masuk. Produk ini diharapkan dapat membantu penyembuhan pasien COVID-19 baik yang berstatus ODP, PDP, maupun pasien positif. Riset telah dilakukan sejak April 2020. Hasil riset kemudian menghasilkan produk nasal cannula atau alat bantu pernafasan untuk menyalurkan oksigen melalui selang yang bening transparan dan lentur.

Penggunaannya tidak sebatas untuk pasien COVID-19, namun dapat digunakan untuk pasien dengan penyakit lainnya menurut diagnosis dokter.(ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Gatot Nurmantyo Tenggelam, Kini Andika Perkasa dan Tito Karnavian Mulai Dilirik Parpol

Published

on

Continue Reading

Headline

HUT RI, Pemerintah Ajak Masyarakat Optimistis dan Patuhi Protokol Kesehatan

Published

on

Continue Reading

Headline

Presiden Jokowi Ajak Pramuka Bantu Gerakan Disiplin & Peduli COVID-19

Published

on

Continue Reading
Loading...