DPD JPKP PALUTA SIAP MENDUKUNG PROGRAM WARGA MISKIN TEPAT SASARAN - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

DPD JPKP PALUTA SIAP MENDUKUNG PROGRAM WARGA MISKIN TEPAT SASARAN

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com-Data penerima Program Kemiskinan dari Pemerintah Ibarat perkawinan tak bahagia, bansos dan data lebih sering tak sekamar.

Secara umum, ada dua masalah yang ditimbulkan dari tidak sinkronnya data, yakni. Yang pertama disebut adalah masuknya orang yang tidak layak menerima ke dalam data, dan yang kedua adalah tidak masuknya orang yang layak menerima ke dalam data.

Yang kedua ini Sulit dihilangkan karena orang miskin seringkali jauh dari jangkauan pejabat daerah. Tapi dampaknya adalah satu masalah serius karena bisa menimbulkan konflik sosial di masyarakat.

Hal ini disampaikan Ketua DPD Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Padang Lawas Utara (Paluta) provinsi Sumatera Utara Dewi Sartika Siregar,SE, di kantornya Jln. K.H. Dewantara No.185 Pasar Gunung Tua, Senin (13/07/2020).

“Kami dari JPKP siap mendampingi warga yang tidak terdata dan layak untuk dimasukkan ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)” ujarnya.

Dilema hari ini tidak sedikit kasus di mana Kepala Desa memasukkan kerabatnya dalam usulan pemutakhiran DTKS. Kondisi ideal yang diinginkan Kemensos di mana orang miskin secara aktif mendaftarkan diri juga sulit terjadi karena psikologis orang miskin yang cenderung menutup diri. Memang pada akhirnya ada proses verifikasi dan validasi (verivali), tapi sejak awal pintu itu sudah tertutup bagi banyak orang yang betul-betul miskin,tegasnya.

Masih lanjutnya,pendataan warga kurang beruntung yang tidak tersentuh akan terus dilakukan oleh relawan JPKP Paluta. Tentunya semua ini akan berkoordinasi dengan pemerintah Daerah Paluta melalui Dinas Sosial.

Berdasarkan info yang didapat, Surat Edaran dari Kepala Pusdatin Kesos Kementrian Sosial Republik Indonesia ,tertanggal 24 juni dengan Nomor Surat ; 1249/1.7/DI.01/6/2020 , prihal : Pemberitahuan Penetapan DTKS periode bulan Agustus 2020.
Pengecekan dan finalisasi DTKS warga yang kurang beruntung di seluruh Indonesia bisa dilakukan melalui aplikasi SIKS-NG. Dan sudah bisa dilakukan di Android.

Pengecekan media ini berdasarkan penelusuran dari aplikasi SIKS-NG , warga Paluta yang terdata di DTKS berjumlah 19.492 KK, periode update : belum pernah finalisasi, diperbaiki semua periode : 0, usulan baru : 0. (Haryan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Unjuk Rasa KTB Di Polres labuhanbatu Berakhir Dengan Pidana

Published

on

Warga dari Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, yang tergabung di dalam Kelompok Tani Bersatu (KTB) melakukan aksi Unjuk rasa di depan Mapolres Labuhanbatu, Rabu (5/8/2020).
Continue Reading

Daerah

KBPS SUMUT Unras Di Mapolres Labuhanbatu Aman Dan Kondusif

Published

on

Continue Reading

Daerah

Soal Jonas Salean, Kajati NTT Isyaratkan Tenang Dalam Kerja

Published

on

Continue Reading
Loading...