Jadi Tersangka, Kejari Kabupaten Kupang Tahan Kades Kolabe - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

Jadi Tersangka, Kejari Kabupaten Kupang Tahan Kades Kolabe

Published

on

Tersangka Hendak Dititipkan di Polres Kabupaten Kupang
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Senin (13/7/2020) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kupang menetapkan dan menahan Albert Zefanya Nompetus selaku Kepala Desa Kolabe, Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang.

Albert Zefanya Nompetus ditetapkan dan ditahan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana desa Kolabe, Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang Tahun 2016 senilai Rp. 1. 115. 105. 437 dan Tahun 2017 senilai Rp. 927. 150. 700.

Demikian diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Kupang, Shirley Manutede, S. H, MH kepada wartawan, Senin (13/7/2020) yang dihubungi via hp selulernya.

Dijelaskan Shirley, anggaran dana desa Kolabe tahun 2016 – 2017, seharusnya digunakan untuk kegiatan desa Kolabe yakni membeli alat – alat pertanian, kegiatan Bumdes, kegiatan keagamaan dan untuk pembangunan sumur Bor di Desa Kolabe.

Namun, lanjut Kajari, tersangka tidak menggunakan anggaran tersebut sesuai perencanaan tetapi dipergunakan untuk keperluan pribadi.

“Anggarannya untuk pembangunan sumur bor, kegiataan keagamaan, kegiatan Bumdes dan untuk membeli alat – alat pertanian tapi ternyata tersangka pakai untuk keperluan pribadinya,” terang Shirley mantan KTU Kejati NTT ini.

Menurut Shirley, berdasarkan hasil perhitungan ahli dari inspektorat Kabupaten Kupang, kerugian keuangan negara dalam kasus dugaan korupsi dana desa Kolabe senilai Rp. 389. 093. 537.

“Kerugian negara sesuai hasil perhitungan kerugian negara memcapai Rp. 389. 093. 537. Tapi tidak menutup kemungkinan kerugian negara akan bertambah lagi,” tambah Shirley.

Ditegaskan Shirley, dirinya selaku Kajari Kabupaten Kupang memberikan warnin (peringatan) kepada seluruh Kepala Desa (Kades) di wilayah Kabupaten Kupang yang sedang mengelola anggaran dana desa, agar tidak main – main dalam mengelola anggaran tersebut.

Pasalnya, lanjut Shirley, telah banyak laporan dugaan korupsi anggaran dana desa di Kejari Kabupaten Kupang. Untuk itu, diminta agar seluruh Kades di Kabupaten Kupang benar – benar dikelola dengan baik.

“ni jadi warning bagi para kepala desa di kabupaten kupang yang sementara mengelola dana desa agar jangan main-main dengan penggunaan dana desa karena sudah cukup banyak laporan masyarakat kabupaten Kupang terkait penggunaan dana desa oleh kepala desa,” tegas Shirley.

Ditambahkan Shirley, sebelum ditahan sebagai tersangka, Kades Kolabe diperiksa oleh tim penyidik Tipidsus Kejari Kabupaten Kupang dalam kasus tersebut.

Usai dilakukan pemeriksaan, lanjutnya, tersangka diperiksa kesehatannya oleh dokter yang disiapkan oleh Kejari Kabupaten Kupang dan dinyatakan sehat serta layak untuk dilakukan penahanan.

Usai pemeriksaan tersangka digiring menggunakan mobil tahanan Kejari Kabupaten Kupang menuju Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kupang untuk menjalani penahanan.(rey)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Saksi Mengaku Terima Rp. 40 Juta Dari Tersangka Kasus Bank NTT 

Published

on

Continue Reading

Daerah

Sekda NTB Gita Aryadi : Layangan Dapat Mengganggu Jaringan Listrik

Published

on

Continue Reading

Daerah

Akibat Musim Kemarau, Warga Mencari Air Hingga Lintas Kabupaten

Published

on

Continue Reading
Loading...