Connect with us

Hukum

Kemenlu Janji Fasilitasi Kembalikan Djoko Tjandra ke Tanah Air, Ini Syaratnya

Published

on

Djoko Tjandra (foto: ist/net)

Realitarakyat.com – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI Teuku Faizasyah menyatakan, Kemenlu akan memfasilitasi pengembalian buron Djoko Tjandra ke tanah air apabila kerjasama hukum telah melibatkan hubungan lintas negara bersama negara Malaysia.

“Untuk memastikan kebenaran keberadaan Djoko Tjandra diperlukan serangkaian proses hukum yang melibatkan otoritas hukum Indonesia dan Malaysia. Kemenlu siap memfasilitasi penegakan hukum dalam proses pengembalian Djoko Tjandra melalui mekanisme hukum yang ada,” kata Teuku, dalam paparan yang disampaikan secara virtual, Kamis (23/7/2020).

Faizasyah memastikan, fasilitas yang disediakan Kemenlu harus melewati kerjasama hukum sebagai upaya pengembalian Djoko ke tanah air.

Saat ini, Kemenlu hanya mendapatkan informasi soal keberadaan bersangkutan dari kuasa hukumnya. Kemlu beserta otoritas penegak hukum di tanah air bakal menindaklanjuti segala informasi yang berkaitan dengan keberadaan Djoko.

“Ingin saya garis bawahi, bahwa informasi mengenai keberadaan Djoko Tjandra sama-sama kita dapatkan dari penasihat hukum yang bersangkutan yang menyebutkan bahwa saat sekarang saudara Djoko Tjandra berada di Malaysia,” ujarnya.

Sementara itu, dilansir dari Indonesiainside.id, Faizasyah menyebutkan upaya Kemlu dalam hal ini terkait kerjasama bidang hukum dengan pemerintahan PM Muhyiddin Yassin. Hal ini untuk menjawab kesulitan yang dihadapi untuk menangkap buron kasus korupsi Bank Bali itu.

Ekstradisi Djoko seharusnya tidak merepotkan karena kedua negara, Indonesia dan Malaysia telah mengantongi perjanjian ekstradisi sejak 1974.

Dengan perjanjian itu seharusnya lebih memudahkan Indonesia membawa Djoko Tjandra, apalagi sebelumnya Maria Pauline Lumowa sukses dibawa dari Serbia hanya melalui lobby tingkat tinggi. (ndi/rri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Demo 28 Oktober, Polisi Razia Kelompok Anarko

Published

on

Continue Reading

Headline

Wakil Ketua KPK : Tak Ada Alasan Kejagung-Polri Tolak Bekerjasama’

Published

on

Continue Reading

Daerah

Kejati NTB Periksa Dua Direktur Pelaksana Proyek Jagung 2017

Published

on

ist/net
Continue Reading
Loading...