Maman Abdurrahman Mengaku Nyaman Menempati Posisi Bek Tengah Persija - Realita Rakyat
Connect with us

Olahraga

Maman Abdurrahman Mengaku Nyaman Menempati Posisi Bek Tengah Persija

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Bek Persija Jakarta, Maman Abdurahman menjadi salah satu pemain serba bisa yang sering ditempatkan di berbagai posisi. Namun, dia paling nyaman sebagai bek tengah.

Pelatih yang pernah menangani langsung Maman biasa menempatkan di posisi bek tengah atau bek sayap. Dua posisi tersebut sering dimainkan pemain berusia 38 tahun itu saat bermain bersama klub atau Timnas Indonesia.

Menurut Maman, dari dua posisi yang pernah dicobanya itu memang memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, jika harus memilih, Maman mengaku lebih nyaman pada saat dipercaya bermain di posisi bek tengah.

Sebagian besar tim-tim yang pernah diperkuatnya memang mempercayakan Maman untuk bermain di posisi bek tengah.

“Kalau saya pribadi lebih nyaman main di posisi bek tengah. Hal ini tidak lepas karena saya lebih menguasai teknik sebagai seorang defender,” kata Maman, Sabtu (1/8/2020).

Kendati demikian, Maman mengaku tidak pernah mempermasalahkan penempatan posisi yang diberikan tim pelatih. Dua posisi tersebut sudah sering ditempati dan tidak asing lagi bagi pemain yang pernah mendapatkan penghargaan menjadi pemain terbaik Liga Indonesia tahun 2006 tersebut.

“Tapi saya tidak pernah mempersoalkan bermain dimana saja. Yang penting asal fisik kita bagus, pasti tidak masalah kita main dimana saja,” ujarnya.

Maman sudah meniti karier di dunia sepak bola profesional sejak tahun 2001 silam. Kala itu, tim profesional pertama yang diperkuatnya adalah Persijatim Solo. Tercatat, kurang lebih selama 20 tahun menjalani karier berlaga di kompetisi kasta tertinggi di Indonesia.

Maman sendiri sudah berhasil mendapatkan prestasi gelar juara di lebel klub bersama Persija Jakarta pada Liga 1 2018.

Gelar juara tersebut menjadi satu-satunya yang didapatkan pada saat memperkuat klub profesional. Sedangkan, pencapaian terbaiknya yakni bisa mendapatkan individu yakni pemain terbaik Liga Indonesia pada tahun 2006.

Torehan gelar pemain terbaik didapatkan Maman setelah tampil gemilang bersama PSIS Semarang, dan mengantarkan ke posisi runner-up di akhir musim.

Berbagai prestasi sudah didapatkan Maman bersama klub. Namun, ada satu hal yang belum pernah dirasakannya pada saat memperkuat Timnas Indonesia. Dia belum pernah mengantarkan Timnas Indonesia meraih gelar juara diberbagai ajang yang diikuti.

Maman memang sudah pernah memperkuat Timnas Indonesia dalam berbagai ajang yakni Piala AFF, Piala Asia, kualifikasi Piala Dunia dan Olimpiade.

Namun, semua itu terasa hampa karena belum berhasil mengantarkan tim Merah Putih meraih prestasi membanggakan di level internasional. Prestasi terbaiknya ketika bersama Timnas Indonesia hanya berhasil mengantarkan ke posisi runner up di Piala AFF 2010.

Tentu hal tersebut terasa belum lengkap dalam karier sepak bola yang dijalaninya selama ini. Maman menilai kegagalan memberikan gelar juara bagi Timnas Indonesia menjadi penyesalan terbesarnya selama ini.

“Satu impian yang belum terwujud sekaligus kegagalan tersebar saya adalah tak pernah membawa Timnas Indonesia juara,” kata Maman.

Maman memiliki harapan besar kepada para juniornya bisa meneruskan impian agar bisamemberikan gelar juara bagi Timnas Indonesia.

“Semoga generasi penerus saya di Timnas Indonesia bisa meraih prestasi lebih baik,” tutup mantan pemain Persib Bandung tersebut.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Jelang Pilada Dunia, Menpora Berikan Pesan Khusus Kepada Para Pemain Timnas U-19

Published

on

Continue Reading

Olahraga

Selangkah Lagi Arsenal Gaet Willian dari Chelsea

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Olahraga

Robin Van Persie Resmi Jadi Staf Pelatih Feyenoord

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading
Loading...