Dampak Corona, Maskapai Terbesar Amerika Latin Latam Airlines PHK 2.700 Karyawan - Realita Rakyat
Connect with us

Luar Negeri

Dampak Corona, Maskapai Terbesar Amerika Latin Latam Airlines PHK 2.700 Karyawan

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Maskapai penerbangan terbesar Amerika Latin, Latam Airlines melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada 2.700 pegawainya termasuk pilot. Maskapai yang sudah mengajukan permohonan bangkrut tersebut tengah berjuang untuk memotong beban biaya akibat pandemi Covid-19.

“Kami juga membuka proses redundansi pekerja secara sukarela yang akan berlangsung hingga 4 Agustus nanti, setelah itu minimum 2.700 pekerja mau tidak mau harus dipangkas,” ujar pihak Latam Airlines dikutip dari Channel News Asia pada Minggu (2/8/2020).

Latam mengatakan, perusahaan telah membayar pilot dan krunya lebih dari apa yang diberikan oleh para pesaingnya di Brasil. Langkah PHK adalah kebijakan terbaru yang dilakukan perusahaan dalam upaya untuk mengurangi beban keuangan maskapai terbesar di Amerika Latin itu.

Sebelum pandemi Covid-19, maskapai ini memiliki 43.000 pekerja di seluruh dunia, dengan sebagian besar dari mereka berada di Brasil dan Chili. Setelah penularan virus corona terus meningkat di Amerika Latin, Latam berupaya merestrukturisasi utangnya sebesar 18 miliar dolar Amerika Serikat (AS) (Rp264,6 triliun), serta telah memecat 1.800 karyawannya.

Hal tersebut dilakukan ketika Latam mengajukan perlindungan kebangkrutan atau pailit di AS pada bulan Mei lalu. Latam menjadi maskapai terbesar di dunia hingga saat ini yang berusaha melakukan reorganisasi darurat karena pandemi Covid-19. Mengikuti jejak pesaingnya seperti Avianca asal Kolombia, yang juga mencari perlindungan kebangkrutan melalui pengadilan di AS.

Latam adalah maskapai penerbangan yang selalu menjadi andalan orang-orang di Amerika Selatan sehingga mendominasi perjalanan udara internasional di kawasan tersebut dan menjadi operator penerbangan terkemuka di Brasil, Kolombia, Chili, Argentina, Peru, dan Ekuador.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Luar Negeri

Bertambah Lagi Negara yang mengalami, Kali Ini Malaysia Resesi, Ekonomi Minus 17,1%

Published

on

Continue Reading

Luar Negeri

Semakin Memanas, Kini Turki dan Paris Saling Ancam

Published

on

Continue Reading

Luar Negeri

Perkuat Armada Laut, Korsel Akan Bangun Kapal Induk Dengan Peralatan Canggih

Published

on

Continue Reading
Loading...