Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Sebut Protokol Kesehatan Tidak Berlaku di Masyarakat - Realita Rakyat
Connect with us

Headline

Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Sebut Protokol Kesehatan Tidak Berlaku di Masyarakat

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Dedi Supratman mengungkapkan, sebenarnya cara memutus penularan Covid-19 cukup sederhana. Pertama, menggunakan masker karena penularan virus Corona (Covid-19) melalui droplet (tetesan atau cipratan) dari batuk dan bersin.

Kedua, menjaga jarak minimal satu meter, karena penularannya melalui kontak dekat personal (menyentuh atau menjabat tangan). Ketiga, selalu mencuci tangan karena penularannya juga melalui benda atau permukaan yang terdapat virus di sana dan kemudian menyentuh mulut, hidung atau mata.

“Tapi faktanya tidak berjalan dengan baik. Misalnya jaga jarak, transportasi publiknya belum mendukung,” ujar Dedi Supratman dalam diskusi daring Policy Center ILUNI UI bertajuk Meninjau Kebijakan Transisi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Sabtu (1/8/2020).

Dia pun menyoroti klaster perkantoran yang menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. “Bukan soal kantornya saja, tapi yang harus dilihat bagaimana dia berangkat ke kantor, transportasi publiknya mendukung enggak? Lalu, saat makan siang, saat pulang juga bagaimana,” tuturnya.

Sehingga, kata dia, selain protokol kesehatan di perkantoran, bagaimana karyawan berangkat maupun pulang kerja harus menjadi perhatian. “Jika pemerintah tidak mengantisipasi itu, maka sangat mungkin terjadi klaster perkantorannya semakin banyak jumlahnya,” katanya.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Bertemu Atase Darat Australia, KSAD Andika Perkasa Bahas Kerjasama

Published

on

Continue Reading

Headline

Baru Berapa hari Dirilis, Lagu Cuek Rizky Febian Trending Youtube, Ini Cerita dan Pujian dari Sule

Published

on

Continue Reading

Headline

Pemerintah Telah Final Bahas RUU Cipta Kerja, Mahfud MD: Sekarang Tinggal Ranah Legeslatif, Silahkan Didebatkan di DPR

Published

on

Continue Reading
Loading...