Connect with us

Headline

Penyidik Jampidsus Temukan Indikasi Pidana Jaksa Pinangki Sirna Malasari

Published

on

Realitarakyat.com – Pemeriksaan terhadap jaksa Pinangki Sirna Malasari terus bergulir. Usai dari Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan (Jamwas), pemeriksaan akan bergulir pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung.

Pemeriksaan terhadap Pinangki menyusul tindakannya bertemu dengan terpidana kasus korupsi Djoko Sugiarto Tjandra. Padahal saat itu Djoko masih berstatus buron Kejagung.

Pelimpahan berkas kepada Jampidsus untuk menelisik apakah perbuatan Pinangki memenuhi unsur pidana. Jika terbukti, dia akan menjalani penyidikan lagi.

“Dari berkas pemeriksaan jaksa P (Pinangki) telah sampai di Pidsus (Direktorat Tindak Pidana Khusus),” kata Direktur Penyidikan Dirpidsus Kejakgung Febrie Adriansyah di Gedung Bundar Jampidsus, Rabu(5/8/2020).

Dia menuturkan, saat ini berkas pemeriksaan terhadap Pinangki ada di tangan tim jaksa penyelidikan untuk pendalaman formil. Pendalaman di tingkat pertama akan menentukan terpenuhinya delik pidana atau tidak.

“Nanti akan kita usulkan apa hasil pendalaman ini, apakah akan ditindaklanjuti ke penyidikan, nanti kita lihat hasilnya,” ucap Febrie.

Menurut dia, pendalaman berkas pemeriksaan jaksa Pinangki tidak membutuhkan waktu lama. Meski begitu dia tak memberikan estimasi waktu kapan hasil pemeriksaan formil akan diumumkan. Yang jelas, tim pemeriksa akan objektif dan transparan dalam memutuskan.

Pinangki menuai sorotan setelah fotonya bersama pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking beredar. Belakangan, tersebar pula momen Pinangki menemu Djoko Tjandra di Malaysia.

Febrie mengakui, hasil pemeriksaan Jamwas menunjukkan ada beberapa tindakan Pinangki yang mengarah kepada dugaan tindak pidana. Indikasi itu mulai penerimaan dan adanya aliran uang. Kendati demikian, Febrie berdalih butuh waktu mempelajari materi pemeriksaan Jamwas tersebut.

“Kita akan perdalam dulu lah. Yang jelas kita akan transaparan dalam penindakan terhadap jaksa P ini. Dan kita akan memutuskan apakah jaksa P ini, terlibat atau tidak dari sisi pidananya,” kata dia.

Jampidsus Ali Mukartono sebelumnya menegaskan, pengungkapan pidana terkait skandal Djoko Tjandra akan tetap dilakukan. Pengungkapan tersebut tidak menutup kemungkinan akan menyeret para oknum di internal kejaksaan.

“Kalau diperintah pimpinan untuk melakukan penyidikan, kita siap,” kata Ali.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Liputan Kegiatan Menteri Agama, Satu Wartawan Reaktif Covid-19

Published

on

Continue Reading

Headline

PHKT Telusuri Asal Penularan dan Semprot Anjungan dengan Disinfektan

Published

on

Continue Reading

Headline

Kemenparekraf Nilai Layanan OTT Bisa Promosikan Film Indonesia

Published

on

Continue Reading
Loading...