Connect with us

Headline

Luar Biasa Inspiratif, Petani Ini Hasilkan Nanas Kualitas Ekspor di Lahan Gambut

Published

on

Realitarakyat.com – Nanas menjadi salah satu buah yang dibudidayakan petani di lahan gambut tipis sejak lama. Kegiatan budi daya ini dilakukan Legimin bersama kelompok tani di Desa Pagaruyung, Kabupaten Kampar, Riau.

Di lahan gambut tersebut, Legimin dan kelompok masyarakat mampu bertani nanas. Tak tanggung-tanggung, nanas tersebut berkualitas ekspor.

“Berkat bantuan Badan Restorasi Gambut (BRG) untuk pertanian nanas di lahan kita bisa berkali-kali panen dan menikmati manisnya lahan gambut yang terbasahi dan terawasi dengan baik,” ungkap Legimin kepada media, di Jakarta, Sabtu (8/8/2020) kemarin.

Para tengkulak membeli dan menjual nanas hasil budi daya itu ke Batam. Dari Batam nanas diekspor ke Singapura. Buah nanas ini mampu mendongkrak ekonomi Legimin. Potensi penamanan nanas di lahan gambut itu luar biasa besar. Sebab, nanas budi daya paling efisien.

Seperti diketahui, potensi ekspor nanas dari Indonesia meningkat tiap tahunnya. Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pada 2013 hingga 2018 ekspor nanas terus mengalami kenaikan. Ekspor nanas pada 2013 tercatat 174 ribu ton. Sementara itu, pada 2018 terjadi kenaikan signifikan pada angka 229 ribu ton.

Ekspor nanas juga lebih besar dibandingkan komoditas buah lain. Data BPS mencatat ekspor nanas Indonesia tertuju ke 76 negara, di antaranya, Hongkong, Taiwan, China, dan Jepang. Wilayah penghasil nanas terbesar yaitu Lampung dengan 32,8% dari total produksi nanas nasional. Disusul, Jawa Barat 11,4%; Sumatera Utara, 10,9%; Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan 8%.(ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Webinar Kehidupan Kerja Pasca Pandemik SKK Migas Ini Empat Kiat Bamsoet Hadapi Pandemi Covid-19

Published

on

Continue Reading

Headline

Ternyata Indonesia Belum Belum Masuk 10 Besar, Berikut 10 Negara Terparah Kasus Covid 19

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Akibat Covid, Bukit Asam Hanya Bisa Cetak Laba Bersih Sebesar Rp 1,28 T

Published

on

Continue Reading
Loading...