Connect with us

Ekonomi

DBS: Ekonomi Indonesia Sudah Lewati Titik Terendah

Published

on

Realitarakyat.com – Produk Domestik Bruto (PDB) nasional pada kuartal II-2020 minus 5,32 persen. Kinerja terburuk sejak 1999 itu diyakini menjadi yang terendah selama Covid-19.

Ekonom DBS, Radhika Rao meyakini Indonesia telah melewati titik terendah karena ekonomi mulai bergerak. Hal ini seiring dengan kebijakan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mendorong adanya perbaikan pada data-data perekonomian.

Bank asal Singapura tersebut mengatakan, risiko tetap ada terutama potensi gelombang kedua (second waves) jumlah kasus positif Covid-19.

“Seperti digarisbawahi dalam catatan kami sebelumnya, penambahan kasus positif Covid-19 di Indonesia masih tinggi, sehingga memerlukan kewaspadaan lebih tinggi dalam menahan kurva infeksi ketika aturan dicabut,” kata Radhika, Minggu (9/8/2020).

Menurutnya, penurunan dalam pada kuartal II-2020 sudah diprediksi sebelumnya. Dia menyebut, ekonomi pada kuartal IV berpotensi tumbuh positif dengan syarat angka penyebaran Covid-19 tidak melonjak tajam dan pencairan bansos bisa dilakukan dengan cepat.

“Untuk saat ini, kami mempertahankan perkiraan pertumbuhan (Indonesia) minus 1,0 persen secara tahunan untuk 2020 walaupun masih ada risiko pelemahan,” ujarnya.(ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Komisi XI DPR Minta Pemerintah Tangkap Peluang Ekonomi di AS

Published

on

Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin (ist/net)
Continue Reading

DPD

DPD Apresiasi Hadirnya Program Pasar Digital UMKM oleh Kemenkop

Published

on

anggota DPD RI asal Bengkulu, Sultan B. Najamudin (ist/net)
Continue Reading

Ekonomi

Selain Berikan Pendampingan, Tahun Ini LPDB Juga Fokus Kembangkan Koperasi Syariah

Published

on

Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo (ist/net)
Continue Reading
Loading...