Connect with us

Ekonomi

Pengamat Ekonom : RUU Ciptaker Dinilai Bisa Jadi Obat Resesi

Published

on

Realitarakyat.com – Pengamat Ekonomi, Rahma Gafmi menilai RUU Cipta Kerja bisa membantu Indonesia keluar dari ancaman resesi ekonomi. Hal itu karena menurutnya aturan ini bisa mendatangkan banyak investasi ke dalam negeri.

“Kalau RUU Ciptaker segera diketok oleh anggota parlemen maka itu akan akan menarik investasi untuk lebih kencang datang ke Indonesia,” ucap Rahmi saat dihubungi, Senin (10/8/2020).

Adapun alasan Rahmi berpandangan seperti itu, lantaran dia meyakini aturan ini adalah jalan keluar dari tumpang tindihnya aturan perizinan yang ada selama ini.

Dia berkata kondisi itu membuat investasi yang ingin masuk ke Indonesia jadi terhambat. Padahal investasi menurutnya bagian dari solusi dalam menghadapi ancaman resesi ekonomi.

“Tidak ada jalan keluar lagi kecuali kita bagaimana mempositifkan investasi. Karena kita tahu bahwa investasi yang positif itu akan memperluas kesempatan kerja,” paparnya.

“Kalau kesempatan kerja itu cukup diperluas maka tentunya dampak Covid–19 ini walaupun kita mempunyai suatu pertumbuhan ekonomi yang megatif di kuartal kedua ini, saya yakin justru nanti akhir tahun kuartal 4, walaupun ada suatu pertumbuhan yang negatif tapi tidak terlalu dalam,” tambahnya melengkapi.

Kemudian masalah lain yang mempengaruhi buruknya pertumbuhan ekonomi nasional, yakni rendahnya daya beli masyarakat saat Pandemic Covid-19 sekarang ini. Kondisi ini secara otomatis menurut Rahmi memperburuk produktifitas pekerja.

“Tapi bagaimana kita bisa membangun suatu daya beli masyarakat yang kuat kalau misalnya tidak ada perluasan kesempatan kerja. Salah satu yang menjadi suatu pendorong perluasan kesempatan kerja adalah membangun investasi, baik itu dari luar maupun domestik,” ujarnya.(ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

Menko Perekonomian: Kesehatan Jadi Aspek Utama dalam Pemulihan Ekonomi

Published

on

ist/net
Continue Reading

Ekonomi

Saat Musim Pancaroba Tiba, Kena Infeksi Bisa Lebih mudah

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Moeldoko Cermati Geliat Pertanian Generasi Milenial

Published

on

ist/net
Continue Reading
Loading...