Connect with us

Headline

KPK Kembali Periksa Dugaan Suap, Anggota DPRD Muara Enim

Published

on

Realitarakyat.com – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa tiga Anggota

DPRD Muara Enim sebagai saksi dalam penyidikan kasus perkara dugaan suap sejumlah proyek pada Dinas PUPR Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim, Sumatera Selatan.

Ketiga anggota DPRD Muara Enim yang diperiksa antara lain Tsalib Yahya, Liono Basuki dan Dwi Indarti. Mereka diperiksa untuk tersangka Ramlan Suryadi (RS) mantan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim.

“Yang bersangkutan (3 orang saksi) dipanggil dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka (RS) Ramlan Suryadi,” kata Ali Fikri kepada wartawan di gedung KPK, Senin (10/8/2020).

Penyidik KPK sebelumnya telah menetapkan Ramlan Suryadi bersama Aries HB mantan Ketua DPRD Kabupaten Enim sebagai tersangka dalam kasus ini.

Aries HB diduga menerima suap Rp3,031 miliar dari Robi Okta Fahlefi dari unsur swasta atau pemilik PT. Enra Sari berhubungan dengan fee komitmen perolehan Robi atas 16 paket pekerjaan di Kabupaten Muara Enim.

Fahlefi juga diduga melakukan pemberian sebesar Rp1,115 miliar kepada Ramlan dan juga diduga memberikan satu unit telepon genggam merk Samsung Note 10.

Fahlefi telah ditetapkan terlebih dahulu sebagai tersangka bersama Bupati Muara Enim, Ahmad Yani, dan Kepala Bidang Pembangunan Jalan Dinas PUPR/PPK di Dinas PUPR Kabupaten Muara Enim, Elfin Muhtar.

Fahlefi telah divonis oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Palembang dengan pidana penjara tiga tahun dan denda sebesar Rp250 juta subsider enam bulan kurungan.

Sedangkan Muhtar divonis pidana penjara empat tahun dan denda Rp200 juta subsider enam bulan kurungan. Sementara Yani divonis lima tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider enam bulan kurungan.

Sementara itu, usai diperiksa penyidik KPK Anggota DPRD Muara Enim Liono Basuki irit berkomentar terkait materi pemeriksaan.

“Diperiksa sebagai saksi kasus Muara Enim, ada tiga pertanyaan, terimakasih,” kata Liono Basuki.(ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

KKP Tangkap Pelaku Penangkap Ikan dengan Racun

Published

on

Continue Reading

Headline

Menlu Retno Marsudi Tuntut Diberi Akses Vaksin Covid-19

Published

on

Continue Reading

Headline

Saat Kunjungi RS Mayapada, Bamsoet Ajak Semua Pihak Hargai Tenaga Kesehatan

Published

on

Continue Reading
Loading...