Connect with us

Metropolitan

Belasan Kali Kecelakaan, Pembatas Tol Cipali Disoroti

Published

on

Realitarakyat.com – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri menyoroti, minimnya fasilitas pembatas di jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Jawa Barat, sehingga terkendala mencegah kecelakaan kendaraan khususnya pada kasus berpindah jalur.

Dirgakkum Korlantas Mabes Polri Brigjen Pol Kushariyanto menyatakan, akibat minimnya pembatas jalan tersebut, terjadi kecelakaan kendaraan berpindah jalur sebanyak 11 kali pada tahun 2020, terakhir terjadi kecelakaan maut menewaskan 8 orang di KM 184.300, Selasa (11/8/2020), dini hari.

“Kami mengimbau kepada operator jalan tol, kemudian Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) soal pemisah atau pembatas jalan di Tol Cipali, menurut informasi, selama 2020 ini sebanyak 11 kali kecelakaan yang berpindah jalur, baik dari jalur A (Jakarta-Jawa) maupun B (Jawa-Jakarta). Di sana tidak ada pembatasnya. Hanya cekungan (pemisah jalan),” kata Yanto, Selasa (11/8/2020).

Dikatakan, pada kasus kecelakaan kendaraan elf mengangkut 16 penumpang dari Bekasi menuju Jawa Tengah oleng, dan berpindah ke jalur hingga bertabrakan dengan minibus Toyota Rush. Di titik kecelakaan terjadi, lanjutnya, tidak ada pembatas jalan.

“Ini (elf) kecepatan tinggi, bisa jadi (di atas 100 km/jam),” ujarnya.

“Di Cipali terdapat pemisah jalur tol antara A dan B, bentuknya cekungan, karena kecepatan tinggi, otomatis (terkena cekungan) melayang dan menimpa Rush yang menuju Jakarta,” imbuhnya.

Atas itu, Yanto mengharapkan, kecelakaan berpindah jalur tidak terjadi lagi, setelah pengelola tol memasang pembatas jalan, seperti dilakukan pengelola Tol Cikampek.

“Kondisi tersebut bisa meminimalisir tingkat fatalitas kecelakaan,” pungkasnya.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Waspada Hujan Disertai Petir Sekitar Jakarta Hari ini

Published

on

Continue Reading

Headline

BMKG : Hari ini Sabtu 26 September Sebagian Wilayah Jabodetabek Hujan

Published

on

Continue Reading

Metropolitan

Wali Kota Jakarta Barat Jalani Pemulihan Setelah Terinfeksi COVID-19

Published

on

ist/net
Continue Reading
Loading...