Connect with us

Daerah

Anies Puji Jasa Mendiang Wali Kota Park Won Soon dalam Penanganan Covid-19

Published

on

Realitarakyat.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan jasa mendiang Wali Kota Seoul Park Won Soon dalam penanganan virus Corona atau Covid-19. Dia mengatakan Park memiliki andil pengedaan alat RT-PCR yang sangat terbatas.

Dia mengungkapkan hal itu melalui Instagram resminya, Kamis (13/8/2020). Anies mengaku sempat kesulitan mencari alat tersebut dan sudah mengirim surat ke delapan kota negara tetangga untuk meminta peminjaman alat.

Namun hampir semua kota mengalami kesulitan yang sama. Sedangkan Seoul yang saat itu dipimpin Park memberikan hibah alat tersebut.

“Semua merespon cepat. Mayoritas menjawab bahwa mereka juga sedang mengalami masalah yangg sama. Memang tidak ada satupun kota di belahan dunia manapun yang siap menghadapi pandemi ini. Tapi beberapa merespon positif dan siap membantu. Ada satu yang unik, yatu Mayor Park Woon Soon, Walikota Seoul. Mayor Park adalah seorang sahabat baik. Kita sering berinteraksi dalam berbagai kesempatan,” kata Anies.

Anies mengaku sangat bersyukur dengan hibah yang diberikan tersebut.

“Mayor Park mengirim pesan bahwa lebih mudah utk menghibahkan RT-PCR daripada meminjamkan. Jadi alat milik mereka yang masih baru itu dihibahkan untuk DKI Jakarta. Datanglah sebuah mesin RT-PCR. Dikirim langsung dari Seoul. Diantarkan oleh Dubes Korea Selatan ke Balaikota. Alat ini mampu memproses hingga 900 sampel/hari,” katanya.

Apresiasi surat dan sebuah kain batik meluncur ke Seoul dari Anies. Namun, batik yang diberikan Anies belum sempat dipakai.

“Pada Dubes Korsel saya titipkan sepucuk surat dan selembar kain batik betawi untuk Mayor Park. Surat itu telah sampai pada Mayor Park, tapi batik betawi itu belum sempat dipakainya karena Mayor Park ditemukan wafat 3 minggu kemudian,” katanya.

Anies akan mengenang sosok Park Won Soon sebagai salah satu sosok yang sangat berjasa. “Seorang walikota yang berjasa dalam membantu Jakarta itu telah berpulang, tapi budi baik dan persahabatannya kita rasakan hingga sekarang. Pada ribuan tes yang dilakukan di Jakarta, ada jejak jasa Mayor Park dan persahabatan dua kota,” kata Anies.

Sebelumnya, Park Won Soon, ditemukan dalam kondisi tak bernyawa, Jumat (10/7/2020), setelah dilaporkan hilang. Dia hilang setelah seorang perempuan mantan pegawainya mengajukan tuntutan kekerasan seksual sehari sebelumnya.

Kepolisian Korsel, seperti dikutip dari AFP, menyatakan, jasad Park ditemukan di pegunungan sebelah utara Seoul dalam pencarian melibatkan ratusan petugas. .(Ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Anggota DPRD Baubau Bantah Terlibat Pesta Miras

Published

on

Ilustrasi Pesta Miras
Continue Reading

Daerah

Polisi Tangkap Ibu Rumah Tangga Pengedar Sabu-sabu di Sampit

Published

on

Continue Reading

Daerah

Banyuwangi Gandeng Perusahaan Layanan Daring Kembangkan UMKM

Published

on

Continue Reading
Loading...