Connect with us

Headline

Bicara Sumbar dan Pancasila, Puan Tuai Sorotan, Ini Pernyataan Hasto

Published

on

Realitarakyat.com – Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, menjadi sorotan sejumlah pihak, setelah mengatakan ‘semoga Sumatera Barat menjadi Provinsi yang memang mendukung negara Pancasila’.

Pernyataan tersebut, ia sampaikan saat mengumumkan calon Gubernur-Wakil Gubernur yang didukung PDIP di Sumbar, Rabu (2/9/2020).

“Untuk Provinsi Sumatera Barat, rekomendasi diberikan kepada Ir. Mulyadi dan Drs. H. Ali Mukhni. Merdeka! Semoga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung negara Pancasila,” kata putri dari Megawati tersebut.

Pernyataan Puan tersebut, bisa jadi terkait dengan pilihan politik warga Sumbar. Selama ini, suara PDIP di Ranah Minang terbilang kecil.

Megawati pun, ikut menyoroti pilihan politik warga Sumbar. Megawati merasa heran dengan kondisi beberapa daerah di Sumbar, yang sebagian besar warganya enggan memilih calon yang diusung PDIP.

“Kalau saya melihat Sumbar itu, saya pikir kenapa ya rakyat di Sumbar itu sepertinya belum menyukai PDIP,” ucap Ketum PDIP itu.

Omongan Puan dan Mega ini, rupanya sedikit menjadi sorotan mantan Presiden PKS, Tifatul Sembiring. Politikus asal Sumbar tersebut memastikan, sedari dulu daerahnya merupakan daerah yang mendukung Pancasila.

“Siap bu Ketua, Sumbar dari dulu pendukung Pancasila. Insyaallah,” tulisnya di akun Twitter @tifsembiring, Rabu (2/9/2020).

Juru Bicara PKS, Handi Risza menganggap, pernyataan Puan itu memojokkan Sumbar. Ia pun mendesak Puan, untuk meminta maaf kepada masyarakat Sumbar.

“Kami meminta Mbak Puan mencabut pernyataannya dan meminta maaf ke seluruh masyarakat Sumatera Barat, khususnya kepada keluarga besar founding father bangsa ini,” ucap Handi, dalam keterangannya, Rabu (2/9/2020).

Melihat situasi yang muncul dari omongan Puan tersebut, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto memberikan penjelasan. Menurutnya, maksud Puan untuk mengingatkan jika Pancasila harus dibumikan di seluruh wilayah Indonesia.

“Yang dimaksudkan Mbak Puan agar seluruh kader partai mengingatkan bagaimana Pancasila dibumikan. Tidak hanya di Sumbar,” kata Hasto.

Hasto kemudian menceritakan kekaguman Puan dan Mega, terhadap Sumbar. Salah satunya, mengapresiasi makanan khas Minangkabau, yaitu rendang.

“Bagaimana rendang bumbunya itu punya cita rasa yang berkualitas. Enggak heran rendang mendapatkan apresiasi sebagai makanan paling enak di dunia,” ucap Hasto.

Disisi lain, Wakil Ketua MPR sekaligus politikus PDIP, Ahmad Basarah menyatakan, pernyataan Puan itu terucap, karena menaruh harapan kepada Mulyadi dan Ali Mukhni. Jika memenangi kontestasi di Pilkada, mereka harus membumikan Pancasila dan menjadikannya sebagai ideologi bangsa.

“Harus dibaca sesuai konteksnya, yakni pengumuman cakada yang diusung PDIP,” kata Basarah.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Kapolri Idham Azis Dorong Humas Jadi Sumber Informasi Cepat dan Tepercaya

Published

on

Continue Reading

Headline

Perludem : Tiga Faktor Penentu Partisipasi Pemilih Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19

Published

on

Continue Reading

Headline

Pimpinan Umum Urusan Masjidil Haram Seruan Syaikh As-Sudais Terkait Karikatur Nabi Muhammad

Published

on

Continue Reading
Loading...