Connect with us

Opini

Deklarasi Perhimpunan Mahasiswa ning Situbondo se-Dunia

Published

on

 

Oleh : RASYUHDI (Nanjing university)

Menjadi kecemasan tersendiri bagi mahasiswa Indonesia dan diaspora muda yang sedang melanjutkan studinya diluar negeri jika tidak bisa berkontribusi secara nyata kepada daerah mereka sendiri. Sampai saat ini, telah berdiri beberapa organisasi/komunitas kepemudaan situbondo baik diluar daerah maupun luar negeri. Sebutlah,ikatan mahasiswa situbondo IAIN Jember (IKMAS IAIN JEMBER), keluarga mahasiswa situbondo universitas Indonesia (KMS UI), keluarga situbondo Yogyakarta (KSI) dan mungkin masih banyak nama lainnya yang juga eksis di dalam negeri.

Namun, sampai saat ini penulis masih bingung mencari  satu forum komunikasi formal yang menyatukan di antara sekian banyak organisasi mahasiswa Situbondo. Padahal tersimpan potensi besar, jika intelektual muda Situbondo itu bersinergi dalam sebuah forum yang lebih besar, yakni Forum Perhimpunan Mahasiswa ning Situbondo  Se-Dunia. Sehingga di harapkan forum ini akan menjadi representasi intelektual muda yang merantau keluar daerah maupun keluar negeri.

Perhimpunan Mahasiswa ning Situbondo  berencana akan mendeklarasikan forum tersebut berupa kongres pertama yang akan dilaksanakan pada akhir bulan September 2020. Berdirinya  Perhimpunan Mahasiswa ning Situbondo  nantinya diharapkan menjadi tempat bertukar ide dan fungsi serta peran strategis bagi kemajuan mahasiswa-mahasiswi/pemuda-pemudi Indonesia, khususnya kalangan generasi milenial situbondo dalam berkontribusi kepada daerah. Sehingga bisa bersama-sama bergerak untuk kemajuan pembangunan pemuda Situbondo dan bersinegritas mengembangkan daerah.

Intelektual muda situbondo yang tersebar di seluruh penjuru dunia jangan sampai di lihat sebelah mata, karena mahasiswa-mahasiswi/pemuda-pemudi memiliki peran yang strategis dalam pembangunan daerah. mahasiswa/pemuda senantiasa menjadi katalisator transformasi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Penulis yang studi di Nanjing university juga membutuhkan wadah Berapresiasi, berkontribusi, berdiskusi dan membangun jejaring demi memajukan Situbondo dalam dinamika dan perubahan Untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan bangsa yang tercantum dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 dan berasaskan Pancasila tanpa memandang suku, agama, ras, dan antar golongan, sehingga cita-cita dalam berkontribusi kepada daerah tercapai secara maksimal.

Mahasiswa hendaknya senantiasa tampil sebagai kekuatan pemersatu yang berspirit multikultural kenusantaraan di tengah situasi dan kondisi kehidupan kebangsaan yang hari ini sedang mengalami berbagai deviasi. Maka dari itu, kaum muda harus senantiasa menjadi garda terdepan dan benteng terakhir dari berbagai ancaman gerakan-gerakan yang bermisi di luar bingkai NKRI. Kehadiran Perhimpunan Mahasiswa ning Situbondo juga merupakan bentuk nyata dari pada kontribusi mahasiswa untuk menjaga komitmen kebangsaan yang telah dibangun oleh para generasi pendahulu kita.

Kajian strategis dalam setiap bidang tentunya juga sangat hangat jika di bincangkan bersama oleh mahasiswa sarjana sampai doktoral yang menempuh pendidikan di luar daerah maupun luar negeri, sehingga kita bisa merasa mempunyai tanggung jawab bersama untuk berpartisipasi aktif dalam mengisi perbaikan yang berada di daerah. Semua itu juga tidak terlepas dari tujuan Menjadi sarana komunikasi dan wadah bagi seluruh pelajar Situbondo di luar daerah dalam mengembangkan nalar, kreativitas,  kemampuan berorganisasi, dan bersuara penuh demi kemajuan daerah.

Artinya. Perhimpunan Mahasiswa  ning Situbondo se-Dunia  nantinya juga akan ikut berperan aktif berpartisipasi menyumabangkan pemikiran dan gagasan, serta memiliki peran yang strategis dalam pembangunan daerah meskipun mahasiswa situbondo tersebar di berbagai daerah bahkan di luar negeri sekalipun. Karena organisasi ini merupakan wadah untuk menampung dan menyuarakan segala ide dan gagasan intelektual muda situbondo, penulis juga berharap pemerintah daerah dapat mendukug penuh oraganisasi dan kegiatan yang akan di seleggarakan dalam waktu dekat ini.**

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MPR

Catatan Ketua MPR RI, Kuartal IV-2020 yang Sarat Tantangan

Published

on

Continue Reading

Opini

Kuartal IV-2020 yang Sarat Tantangan

Published

on

Continue Reading

Headline

Kotak Kosong Bukan Kesalahan Rakyat tapi Kesalahan Parpol Yang gagal!

Published

on

Continue Reading
Loading...