Connect with us

Headline

Bali Bakal Punya Tol Baru yang Menghubungkan Gilimanuk menuju Mengwi

Published

on

Realitarakyat.com – Tol baru di Bali bakal dibangun dalam waktu dekat. Proyek ini terkait dengan pengembangan Bali bagian Utara, yang akan terkoneksi dengan Bandara Bali Utara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, menjelaskan bahwa tol ini akan menghubungkan Gilimanuk menuju Mengwi.

“Kita mau mengembangkan Bali Utara Airportnya, sekarang sudah ada, rencana 3 bulan lagi akan ditandatangani perjanjian pengelolaan proyek ini oleh PT Bariko Indoraya dan PT Cipta Sejahtera Nusautama,” kata Basuki di kantornya, Rabu (9/9/20).

Dia mengaku bahwa target-target yang ditetapkan pemerintah cukup radikal. Target itu dibebankan kepada kontraktor yang akan mengerjakan proyek ini.

“Sepanjang 95 km dengan biaya Rp 19,3 triliun. Beliau (PT Bariko Indoraya dan PT Cipta Sejahtera Nusautama) akan menyelesaikan dan ini lebih radikal lagi, Agustus 2022 harus bisa beroperasi. Jadi dari Gilimanuk sampai ke Mengwi,” urainya.

Basuki mengaku sudah menggelar rapat dengan sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Sebab, tol ini terkait dengan keberadaan bandara baru.

“Kemarin rapat dengan para BUMN dan Menhub karena adanya ini maka akan dibangun tol ini sepanjang 90 km anggarannya sekitar Rp 14 triliun. Mungkin ini akan dengan APBN. Jadi ini adalah untuk pengembangan Bali utara,” katanya.

Adapun detail tol ini, tahap pertama pembangunan akan dilakukan dari Pekutatan – Soka dengan panjang sekitar 23,6 km. Tahap kedua akan dikerjakan dari Soka ke Mengwi sepanjang 21,8 km, dan tahap ketiga baru dari Gilimanuk ke Pekutatan sepanjang 50,2 km.

Data yang dipaparkan Basuki menyebut bahwa rencana titik akhir jalan tol tersebut berada di Mengwi. Kendati begitu, dari Soka rencananya akan dibangun lagi ruas penyambung menuju Bandara Bali Utara bernama Kubutambahan. Panjang jalan tol ruas tersebut mencapai 60 km.(ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPD

Terima Pengurus Gercin, LaNyalla Ingin Fokus Bahas Kesejahteraan Papua

Published

on

Continue Reading

Daerah

Kejati Kembali Lirik Kredit Macet Bank NTT Rp. 17 Miliar

Published

on

Continue Reading

Headline

HNW : Riau Telah Menghadirkan Khimah Kebijaksanaan Bagi Para Pemuda Indonesia

Published

on

Continue Reading
Loading...