Connect with us

Headline

Edi Prasetyo : Anies ‘Injak Rem’, Awas ‘Terjerembab’ Lubang Serupa

Published

on

Realitarakyat.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Basweda diingatkan tidak mengulang kesalahan yang sama dalam penerapan Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total pada awal pekan nanti.

Ketua Bidang Kesehatan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Edi Prasetyo, mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lebih serius menerapkan PSBB total. Sebab, dalam PSBB pertama dianggapnya gagal dengan banyaknya kesalahan yang dibuat.

“Jakarta terpaksa kembali menerapkan PSBB karena kegagalan Pemprov sendiri menerapkan aturan PSBB secara tidak konsisten,” kata Edi Prasetyo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/9/2020).

Edi menyebut, beberapa kesalahan yang ditekankan agar tidak diulangi adalah, mengeluarkan izin kerumunan yang nantinya akan memunculkan klaster baru penyebaran Covid-19.

“Salah satunya terlihat dari diizinkannya kerumunan untuk kegiatan demo, orasi dan deklarasi, serta dihapusnya ganjil-genap, yang membuat klaster baru pada angkutan umum. Yang salah, ya, Pemprov sendiri,” sebutnya.

Sebelumnya, Anies mengatakan, akan melakukan PSBB total untuk Ibu Kota.

“Dengan melihat keadaan darurat ini di Jakarta, tidak ada pilihan lain selain keputusan untuk tarik rem darurat. Artinya kita terpaksa berlakukan PSBB seperti awal pandemi. Inilah rem darurat yang harus kita tarik,” kata Anies dalam keterangan pers yang disampaikan di Balai Kota Jakarta, Rabu (9/9/2020) malam yang lalu.

Keputusan diambil berdasarkan tiga indikator yakni tingkat kematian, ketersediaan tempat tidur isolasi dan ICU khusus Covid-19, dan tingkat kasus positif di Jakarta.

“Dalam dua pekan angka kematian meningkat kembali, secara persentase rendah tapi secara nominal angkanya meningkat kembali. Kemudian tempat tidur ketersediaannya maksimal dalam sebulan kemungkinan akan penuh jika kita tidak lakukan pembatasan ketat,” ucap Anies.

Pemberlakuan PSBB dimulai Senin 14 September 2020, namun belum diketahui kapan berakhirnya.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

PDIP Ogah Beri Bantuan Hukum ke Wali Kota Cimahi

Published

on

Djarot Saiful Hidayat/Net
Continue Reading

Headline

Tak Ada Orang Gerbong PA 212 di Kepengurusan Baru MUI

Published

on

Continue Reading

Headline

Dirjen GTK : Pengangkatan Guru PPPK Dijamin Tidak Akan Molor

Published

on

Continue Reading
Loading...