Connect with us

Daerah

Soal Penanganan Perkara Tipikor, Kajati Dan Kajari Beda Pendapat

Published

on

Realitarakyat.com – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) NTT, Dr. Yulianto, S. H, MH berbeda pendapat dengan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Ende, Sudarso.

Kedua penegak hukum ini berbeda pendapat soal penanganan kasus tindak pidana korupsi di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Kajati NTT, Dr. Yulianto, S. H, MH ketika dikonfirmasi soal SOP laporan dan penanganan Tipikor di Kabupaten Ende, Rabu (16/9/2020) mengaku bahwa laporan atau pengaduan soal Tipikor di NTT siapa saja boleh mengadu.

Menurut Yulianto, laporan atau pengaduan masyarakat terkait kasus Tipikor dapat dilaporkan berupa data awal saja tanpa harus ada hasil Perhitungan Kerugian Negara (PKN) dari BPKP ataupun BPK.

“Soal laporan atau pengaduan masyarakat soal Tipikor dari masyarakat hanya berupa data awal saja tanpa harus dilengkapi dengan hasil PKN dari BPKP atau BPK,” ungkap Kajati NTT.

Dijelaskan Yulianto, terkait dengan hasil Perhitungan Kerugian Negara (PKN) itu akan diminta oleh aparat penegak hukum jika dalam penanganan perkara ditemukan adanya perbuatan melawan hukum atau adanya niat jahat seseorang.

Ditegaskan Kajati, bahkan hasil audit dari BPKP atau BPK akan diuji lagi oleh penyidik atau penegak hukum jika kasus tersebut telah ditingkatkan pada tingkat penyidikan (dik) oleh penyidik.

“Hasil audit BPKP dan BPK itu data awal saja. Jika kasusnya sudah ditingkatkan ke penyidikan (dik) maka akan diminta perhitungan ulang oleh penyidik bukan lagi itu yang digunakan jadi kalau masyarakat mau lapor tidak perlu bawah hasil audit dari BPKP atau BPK,” terang Mantan Kajari Waikabubak ini.

Pernyataan Kajati NTT berbeda dengan Kajari Kabupaten Ende, Sudarao yang pernah ditemui sebelumnya. Dimana, Kajari Kabupaten Ende, Sudarso ketika masyarakat mau laporkan kasus Tipikor selalu dimintai dengan hasil audit BPKP atau BPK.

Hal ini menunjukan bahwa antara Kajati NTT, Dr. Yulianto, S. H, MH dan Kajari Kabupaten Ende, Sudarso tidak sejalan dalam penanganan Tipikor di Kabupaten Ende.(rey)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Kehilangan Spirit, Kajari Ende Dituding Biarkan Korupsi Tumbuh Subur

Published

on

Continue Reading

Daerah

MUI Lebak : Orang Tua Tega Bunuh Anak Kandung Akibat Kurang Pemahaman Agama

Published

on

Continue Reading

Daerah

25 Kali Beraksi, Komplotan Pengganjal ATM ini akhirnya Ditembak Polisi

Published

on

Continue Reading
Loading...