Connect with us

Headline

Pengamat BUM : Fenomena Baru, Harusnya Ahok Tidak Perlu Marah

Published

on

Realitarakyat.com – Pengamat BUMN dari Universitas Indonesia Toto Pranoto menilai, kemarahan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terhadap jajaran direksi Pertamina adalah fenomena baru.

Menurutnya, kemarahan Ahok tersebut tidak perlu diungkapkan dalam akun YouTube, perihal akuisisi lapangan minyak diluar, dan lambatnya respon investasi dari luar ke dalam negeri.

“Ya ini suatu fenomena baru, kan mereka (Ahok dan Direksi Pertamina) harusnya bertemu bila ada kebijakan-kebijakan yang dilakukan direksi dianggap melanggar terhadap rencana-rencana yang telah disetujui, tinggal ditegur saja atau dimintai penjelasan kenapa itu dilakukan,” kata Toto , Kamis (17/9/2020).

Diketahui, kewenangan komisaris di perusahaan pelat merah mengacu pada UU Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN. Dalam Pasal 6 dituliskan pengawasan BUMN dilakukan oleh komisaris dan dewan pengawas.

Lalu, Pasal 31 menyebutkan bahwa komisaris bertugas mengawasi direksi dalam menjalankan kepengurusan persero serta memberikan nasihat kepada direksi. Artinya, Ahok memiliki kewenangan yang cukup besar dalam mengontrol Pertamina.

“Bisa juga Ahok mengajukan ke pemegang saham bila ada kebijakan bermasalah, agar diganti direksinya karena tidak ideal menjabat amanat perusahaan,” ujarnya.

“Bila tidak di gubris, dewan komisaris kan tidak sendiri, ini perlu ditanya soliditas dewan komisaris lain bagaimana gitu,” tukasnya.(ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Basarah: Kirim Bunga ke Korut, Presiden Jokowi Jalankan Politik Luar Negeri Bebas Aktif

Published

on

Continue Reading

Headline

PUPR Targetkan Akhir Oktober Akses Pelabuhan Patimban Sudah bisa Layani Logistik

Published

on

Continue Reading

Headline

Per hari ini Jumat 25 September Jumlah Kasus Covid Bertambah 4.823 kasus

Published

on

Continue Reading
Loading...