Connect with us

Ekonomi

Ray Rangkuti : Luhut Awasi Penanganan Covid-19, Erick Thohir Dinilai Gagal Emban Tugas

Published

on

Realitarakyat.com – Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti menilai ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Erick Thohir gagal menjalankan tugasnya. Hal ini dikatakan Ray merespons pelibatan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) dalam pengawasan penanganan Covid-19 di sejumlah provinsi prioritas.

“Sebelumnya, Presiden telah menunjuk Erick Tohir sebagai ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi. Dari namanya, kita bisa menyebut bahwa ini seperti jabatan sapu jagat,” kata Ray, Kamis (17/9/2020).

Ray mengatakan, semua pengendalian Covid-19 dan pemulihan ekonomi berada di bawah satu koordinasi: Erick Tohir. Tapi, dengan munculnya LBP, kewenangan besar Erick itu seperti layu. Hal ini memberi sinyal bahwa, pertama, Erick Tohir dinilai Presiden gagal dalam hal mengemban tugasnya.

Kegagalan ini menurutnya, dilihat dari angka positif Covid-19 yang terus membengkak, belum ada ide jitu untuk menekannya. Absennya Erick dalam koordinasi pusat dengan Pemprov DKI Jakarta juga turut mempengaruhi hal tersebut.

Kedua, kata Ray, kemampuan Erick Tohir melakukan koordinasi antardepartemen memang juga terlihat lemah. Peristiwa rem darurat DKI Jakarta salah satu contohnya. Kebiasaan pemerintah pusat yang berbeda informasi kembali terjadi. Semestinya, hal tersebut sudah bisa dikoordinasikan. Institusi apa melakukan apa dan memberitahu apa. Wibawa Erick tidak cukup dalam hal menggerakkan dan mengoordinasikan berbagai departemen ini.

Ketiga, sambung dia, makin jelas posisi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang diabaikan oleh Presiden Jokowi. Mestinya, hal ihwal seperti ini, merupakan tugas dan tanggung jawab Menkes yang tentu saja bisa melibatkan kementerian lainnya. Dengan seringnya Menkes diabaikan, sudah semestinya Presiden Jokowi memang menggantikannya.(ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

11,8 Juta Nomor Rekening Subsidi Gaji Disetorkan

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Siap Rogoh Rp 1 T, Garudafood Caplok 55% Saham Keju Prochiz

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Draf Perombakan UU BI Beredar, Ini Tugas Terbaru Bank Indonesia

Published

on

Continue Reading
Loading...