Connect with us

Daerah

Pertamina tingkatkan kapasitas produksi petani kopi Bener Meriah

Published

on

Realitarakyat.com – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I meningkatkan kapasitas petani kopi melalui pelatihan guna menjaga kualitas salah satu komoditas unggulan di Bener Meriah.

“Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Pertamina mengambil peran untuk ikut serta dalam pengembangan kopi di Tanah Air salah satunya di Bener Meriah,” kata Unit Manager Communication, Relations, & CSR MOR I, Roby Hervindo dihubungi di Banda Aceh, yang dikutip dari Antara, Sabtu (19/9/2020).

Ia menjelaskan pelatihan tersebut diberikan kepada mitra binaan PT Pertamina yang ada di Kabupaten Bener Meriah.

“Peran kita tidak hanya memberikan pelatihan, tapi juga ikut serta memberikan bibit unggul kopi yang telah bersertifikat guna mendapatkan hasil maksimal,” katanya.

Pertamina MOR I memberikan pelatihan untuk 46 petani kopi yang menjadi mitra binaan Pertamina dengan waktu pelaksanaan selama 22 minggu.

Roby menambahkan, 46 petani kopi tersebut sudah menjadi mitra binaan Pertamina sejak tahun 2019. Pinjaman yang diberikan Pertamina MOR I adalah sebanyak Rp 1,92 miliar.

Pelatihan tersebut terdiri dari tiga tahap masing-masing assessment yang dibagi menjadi analisis tanah & tanaman, analisis kualitas biji kopi, analisis hama tanaman, sosialisasi rekomendasi, serta pengadaan bibit Unggul bersertifikat.

Kemudian tahap pelatihan merupakan tahap pembelajaran bagaimana menanam dan budidaya tanaman kopi yang baik dan benar.

Tahap terakhir adalah tahap penanaman, pendampingan, monitoring, serta finishing. Tahap ini meliputi tahapan untuk penanaman bibit unggul dan pemantauan serta pengawasan kondisi tanaman pasca proses penanaman.

“Pengembangan kapasitas ini sebagai bagian dari upaya Pertamina mengembangkan usaha UMKM, terutama di tengah situasi pandemi,” katanya.

Pihaknya berharap dengan dukungan yang diberikan tersebut dapat mengembangkan petani, sehingga membantu Indonesia terhindar dari resesi.

Untuk pelatihan kopi tersebut, Pertamina menggelontorkan anggaran sebanyak Rp 139 juta.(Ant/Din)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Kejati NTB Periksa Dua Direktur Pelaksana Proyek Jagung 2017

Published

on

ist/net
Continue Reading

Daerah

Penetapan TSK Tanpa Alat Bukti, Jonas Salean Pra Peradilankan Kejati NTT

Published

on

Continue Reading

Daerah

Soal Permintaan Herman Heri, Kasi Penkum : Bisa Diterima, Bisa Juga Tidak

Published

on

Continue Reading
Loading...