Connect with us

Headline

Sekilas Soal Bambang Trihatmodjo Yang Dicekal Ke LN Karena Tidak mau Lunasi Utang Ke Negara

Published

on

Realitarakyat.com – Nama putera Presiden ke-2 RI mendiang Soeharto, Bambang Trihatmodjo kembali mencuat di publik. Hal itu setelah Bambang dicekal untuk tidak keluar negeri.

Bambang dilarang bepergian ke luar negeri oleh Menteri Keuangan karena diminta melunasi kewajiban utang terkait SEA Games 1997.

Bambang pun meminta keputusan Menkeu yang membuatnya dicekal dibatalkan dengan menggugat Menteri Keuangan (Menkeu) ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Terlepas dari gugatan itu, Bambang memiliki bisnis yang menggurita di Indonesia. Dikutip cnbcindonesia.com, tidak ada data pasti soal kekayaan Bambang selama ini meskipun dia sudah malang melintang di pasar modal sejak tahun 1980 usai lulus dari Virginia Polytechnic Institute pada 1980.

Pada tahun 2007, nama Bambang masih masuk daftar 10 orang terkaya di Indonesia (Indonesia’s 40 Richest). Kekayaan pria kelahiran Solo 23 Juli 1953 itu diperkirakan mencapai US$ 200 juta atau setara dengan Rp 3 triliun, dengan asumsi kurs saat ini Rp 14.800/US$.

Bambang masuk di urutan ke-33 orang terkaya RI, sementara urutan pertama kala itu masih dipegang keluarga Aburizal Bakrie (Grup Bakrie) dengan total kekayaan bersih diprediksi US$ 5,4 miliar atau Rp 80 triliun.

Forbes menulis, “Bambang [pernah] memiliki 13% saham bisnis konglomerasi media Global Mediacom, yang ia dirikan dengan nama Bimantara pada 1981, tidak diragukan lagi dibantu oleh koneksi ayahnya [Presiden Soeharto],” tulis Forbes dalam artikel bertajuk ‘Indonesia’s 40 Richest, yang diunggah pada 14 Desember 2007.

“Dia menjual sebagian sahamnya kepada Hary Tanoesoedibjo pada tahun 2001, kabarnya dengan harga jual tinggi; [dia] tidak lagi memiliki peran manajemen. [Dia] menggemari senjata api, menjadi ketua cabang organisasi penembak “ekstrim” di Indonesia (di mana para peserta melalui rintangan untuk menembak target),” tulis Forbes.

Organisasi yang dimaksud ialah Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia (Perbakin). Bambang menjadi Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Perbakin periode 2014-2018).

Saat menempatkan daftar 40 orang terkaya di 2007 itu, Forbes juga mengungkapkan bahwa Bambang menjual sahamnya kepada sahabatnya, Hary Tanoesoedibjo atau Hary Tanoe, yang kini dikenal sebagai pemilik Grup MNC. Kala itu Forbes menempatkan Hary Tanoe sebagai orang terkaya nomor 15 di RI dengan kekayaan bersih US$ 815 juta atau Rp 12 triliun.

Bambang Trihatmodjo menikah dengan Halimah Agustina Kamil pada tanggal 24 Oktober 1981 serta dikaruniai 3 orang anak yaitu Gendis Siti Hatmanti, Panji Adhikumoro dan Bambang Aditya Trihatmanto.

Selain dengan Halimah, Bambang Trihatmodjo menikah lagi dengan artis penyanyi Mayangsari dan memiliki seorang putri yaitu Kirania Siti Hartina Trihatmodjo yang lahir 30 Maret 2006 di Rumah Sakit Internasional Bintaro. Pada tanggal 21 Mei 2007 Bambang Trihatmodjo menggugat cerai istri pertamanya Halimah Agustina di Pengadilan Agama Jakarta Pusat.

Dilihat dari akun Instagram Mayangsari @mayangsaritrihatmodjoreal, Bambang dan keluarganya kerap bepergian keluar negeri untuk berwisata. Sejumlah negara kerap ia kunjungi bersama keluarganya. “Great experience riding hot ballon and feels we can Fly..,” tulis Mayangsari saat menaiki balon terbang saat berlibur ke salah satu negara.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

BMKG : Jabodetabek Waspada Hujan Disertai Petir

Published

on

Continue Reading

DPD

Peringatan Hari Santri, Senator dr. Jihan Nurlela Desak Pemerintah Terbitkan Aturan Turunan UU Pesantren

Published

on

Continue Reading

Headline

Menteri BPN Sofyan Djalil: Bank Tanah Bukan Lembaga Komersil

Published

on

Continue Reading
Loading...