Connect with us

Headline

Jokowi: Pandemi Covid-19 Momentum Perbaikan Ekonomi Desa

Published

on

Realitarakyat.com – Presiden Joko Widodo, dalam berbagai kesempatan selalu mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 harus menjadi ajang mencari dan membuat terobosan untuk memperbaiki langkah, agar kondisi bisa semakin membaik di masa mendatang.

Kali ini, Jokowi menyatakan, pandemi Covid-19 harus menjadi momentum untuk memperbaiki ekonomi di desa-desa. Hal ini disampaikan Kepala Negara dalam Rapat Terbatas mengenai Percepatan Peningkatan Ekonomi Desa di Istana Merdeka pada Kamis (24/09/20).

“Pandemi yang tengah kita hadapi menjadi sebuah komitmen untuk meng-install ulang, memperbaiki lagi, dan juga melakukan reform mengenai strategi besar dalam transformasi ekonomi desa,” ujar Jokowi.

Jokowi mengakui, pandemi Covid-19 sudah bukan hanya megancam seluruh lapisan masyarakat di kota-kota, namun juga masyarakat di desa-desa.

“Dan ketika terjadi krisis ekonomi di perkotaan, maka desa menjadi penyangga, menjadi penyangga karena terjadinya arus balik perpindahan penduduk dari kota ke desa. Jadi bukan urbanisasi tapi ruralisasi,” jelas Jokowi menambahkan.

Untuk itu, Jokowi menekankan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan para menterinya, mulai dari porgram-program yang berkaitan dengan jaring pengaman sosial (social safety net) betul-betul harus tepat sasaran dan efektif, dan kemudian program Padat Karya Tunai yang ada di desa harus dikawal.

“Sehingga bisa mengurangi beban masyarkat desa yang kehilangan pekerjaan, kesulitan mencari kerja, atau pun yang berasal dari keluarga yang tidak mampu di desa,” pungkas Jokowi.

Tak lupa, Jokowi juga memerintahkan para menterinya untuk mengintegrasikan program penanggulangan kemiskinan dan masalah yang berkaitan dengan peningkatan ekonomi desa.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Partai Gelora Jatim Pastikan Terlibat di 19 Pilkada Serentak

Published

on

Continue Reading

Headline

Pembobolan Data Pribadi Marak, Hukum Harus Tingkatkan Efek Jera

Published

on

Continue Reading

Headline

Jiwasraya Disuntik Modal Rp20 Triliun, Politisi PKS Mardani Ali Sera Soroti Langkah Pemerintah

Published

on

Continue Reading
Loading...