Connect with us

Headline

Ini Syaratnya Isolasi Mandiri di Rumah Bagi Yang OTG

Published

on

Realitarakyat.com – Jika memenuhi persyaratan, para pasien orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 di Jakarta, masih dapat isolasi mandiri di rumah sendiri.

“Nah nanti tim puskesmas kan mengasesmen ‘oh iya rumahnya memang memadai’ tentu dengan pengawasan tim dari kita, jadi pengawasan tim kita dan gugus RW setempat, dan puskesmas setempat,” kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dr Widyastuti dalam dialog ‘Prosedur Isolasi OTG Covid-19 Mudah atau Sulit’ di akun Youtube BNPB, Jumat (25/9/2020).

Widyastuti mengatakan, syarat rumah yang menjadi standar perawatan adalah rumah harus memiliki ventilasi hingga pencahayaan yang cukup. Pasien OTG juga diwajibkan memakai peralatan makan dan mandi sendiri.

“Mekanismenya tentu rumahnya memadai, rumah yang memadai dengan ventilasi memadai dan pencahayaan yang cukup, kemudian alat mandi, alat makan yang terpisah dibandingkan anggota keluarga lain, dan di rumah tetap pakai masker karena kan kalau keluar kamar ketemu dengan anggota keluarga yang lain,” ujarnya.

Menurutnya, pasien juga harus diberikan bantuan pendampingan tim kesehatan dan gugus RW. Tidak selalu hadir ke rumah, melainkan bisa dengan konsultasi.

“Tentunya pada saat untuk memutuskan apakah seseorang pasien atau warga kita bisa isolasi di rumah atau tidak, itu memang kita sudah mengimbau mengharuskan pasien ini untuk berkoordinasi dengan puskesmas setempat,” kata Widyastuti.

“Jadi dengan bantuan dari pendampingan dari tim puskesmas untuk isolasi mandiri, bantuan ini bukan selalu hadir di rumah tersebut tetapi konsultasi yang disiapkan oleh teman-teman puskesmas, dan juga dukungan dari gugus RW setempat untuk menjaga warganya bisa melakukan isolasi mandiri dengan sukses,” pungkasnya.(ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Raja-Raja Melayu Tolak Usulan Darurat Nasional

Published

on

Continue Reading

Headline

PM Bulgaria Boyko Borissov Positif Terinfeksi Covid-19

Published

on

Continue Reading

Daerah

Letto Terpidana Mati Kendalikan Sabu 8.8 Kilogram di Surabaya dari Lapas Lampung

Published

on

Continue Reading
Loading...