Connect with us

Headline

Takhta Raja Thailand Digoyang, Massa Minta Jadi Negara Republik

Published

on

Realitarakyat.com – Politik Thailand semakin panas. Kali ini tagar #RepublicofThailand menggema di Twitter negeri itu.

Hal ini terjadi setelah parlemen menunda kemungkinan perubahan konstitusi pada Jumat (25/9/2020) kemarin. Ini membuat kemarahan pengunjuk rasa di negara kerajaan itu.

Tagar tersebut dimuat dalam bahasa Inggris dan bukan bahasa Thai. Dikutip Reuters, tagar sudah digunakan lebih dari 820.000 cuitan.

Istana tidak berkomentar dan menanggapi hal ini. Juru bicara pemerintah Anucha Burapachaisri mengatakan dia belum melihat tagar tersebut dan menolak berkomentar.

Selama dua bulan protes anti pemerintah Thailand terjadi untuk meminta reformasi pemerintahan Perdana MenteriPrayuth Chan-ocha dan mengurangi kekuasaan Raja Maha Vajiralongkorn. Namun bukan menjadikan negara sebagai republik.

Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha tidak mengomentari tagar tersebut. Tetapi mengatakan kepada wartawan bahwa keamanan nasional adalah yang terpenting dan pengunjuk rasa akan dituntut jika mereka melanggar hukum.

Sementara itu, aktivis Thailan Parit Chiwarak mengatakan kemarahan itu menunjukkan pemerintah harus menangani setidaknya beberapa tuntutan para pengunjuk rasa. Termasuk 10 poin untuk reformasi kerajaan.

“Ketika orang-orang sangat membutuhkan reformasi, mereka memikirkan revolusi,” katanya kepada Reuters, yang dikutip, Sabtu (26/9/2020).

“Lebih banyak keputusasaan akan menyebabkan lebih banyak agresi.”

Parlemen, yang didominasi oleh pendukung pemerintah, memberikan suara pada hari Kamis lalu. Mereka menunda pengambilan keputusan apakah akan mengubah konstitusi.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Tersangka Wali Kota Tasikmalaya Diperiksa KPK

Published

on

Continue Reading

Headline

Merasa Tak Bersalah, Mantan Pengacara Setya Novanto Minta Dibebaskan

Published

on

Continue Reading

Headline

Jelang Liburan yang Ingin Naik Pesawat Jangan Lupa Siapkan Ini

Published

on

Continue Reading
Loading...