Connect with us

Headline

Benarkan Ikan Gabus Mampu Mempercepat Penyenbuhan Covid, Ini Manfaat Ikan Gabus Buat Kesehatan

Published

on

Realitarakyat.com – Banyak penelitian berlomba-lomba menemukan obat COVID-19. Walaupun bukan obat untuk menyembuhkan total, tapi minimal diharapkan bisa mengurangi gejalanya.

Salah satu calon obat yang sempat disebut Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto adalah ekstrak ikan gabus. Benarkah ekstrak ikan gabus punya manfaat untuk jadi obat COVID-19?

Manfaat Ekstrak Ikan Gabus Diteliti Sebagai Obat Virus Corona
Ikan gabus adalah jenis ikan air tawar yang banyak ditemukan di sungai. Meski biasanya ditangkap untuk dijadikan lauk, nyatanya ikan ini punya manfaat lebih.

Manfaat ekstrak ikan gabus tengah diteliti oleh para peneliti dari Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara (USU) beserta dua rekanan lain.

Rencananya, manfaat ekstrak ikan gabus akan dikombinasikan dengan temulawak dan meniran.

Para peneliti meyakini kombinasi tersebut berkhasiat menaikkan kadar albumin. Nantinya, kadar albumin dalam manfaat ekstrak ikan gabus berperan sebagai agen yang mencegah peradangan dan koagulasi ketika seseorang terinfeksi COVID-19.

Selain itu, formula ekstrak ikan gabus, temulawak, dan meniran juga akan diinovasi lebih lanjut menjadi produk obat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta pencegahan virus corona.

Apabila berhasil dikembangkan, obat dengan kandungan manfaat ekstrak ikan gabus akan diproduksi secara massal.

Nutrisi yang Terkandung dalam Ikan Gabus

Selain digadang-gadang bisa membantu meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari infeksi virus corona, dalam 150 gram ikan gabus mengandung nutrisi seperti berikut:

 

Kalori: 118 kalori
Protein: 20 gram
Lemak: 4 gram
Besi: 2% dari kebutuhan harian
Kalsium: 6% dari kebutuhan harian
Air: 69 gram
Vitamin A: 150 milligram
Vitamin B: 0,04 miligram

Manfaat Kesehatan Lain Ketika Mengonsumsi Ikan Gabus

Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsi ikan gabus, yakni:

Baik untuk Proses Penyembuhan Luka
Dokter Devia Irine Putri mengatakan ikan gabus adalah sumber makanan yang baik untuk proses penyembuhan luka.

“Ikan gabus paling banyak mengandung proteinnya, jadi sering dimanfaatkan untuk mempercepat penyembuhan luka pasca operasi,” jelasnya.

“Nah, protein ini selain untuk penyembuhan juga berperan dalam daya tahan tubuh. Jadi, kalau dikonsumsi orang yang sakit bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya,” tambah penjelasan dr. Devia.

Membentuk Otot
Sudah disebutkan dr. Devia Irine sebelumnya, ikan gabus memiliki kandungan protein lebih tinggi. Bahkan kadarnya lebih tinggi dari protein dalam lele dan ikan mas.

Mengonsumsi zat protein dalam jumlah tinggi bermanfaat untuk membantu pembentukan otot di tubuh.

Mempertahankan Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh
Albumin adalah salah satu zat yang terkandung dalam ikan gabus. Zat ini bermanfaat menjaga fungsi sistem yang mengatur cairan di dalam tubuh.

Apabila pengatur cairan dalam tubuh tidak bekerja dengan baik, protein di dalam tubuh tidak bisa terpecah dengan baik. Jika demikian efeknya, kekebalan tubuh bisa menurun dan penyembuhan luka jadi lambat.

Mudah Dicerna
Ikan gabus mudah dicerna sistem pencernaan karena memiliki daging yang terbilang empuk.

Ini dikarenakan tingkat protein kolagen ikan gabus lebih rendah daripada kandungan protein di daging. Hal inilah yang menyebabkan daging ikan gabus lembut dan mudah dicerna tubuh.

Memiliki Sifat Antijamur dan Antibakteri
Siapa sangka, ikan gabus punya kandungan antijamur dan antibakteri?

Ya, menurut penelitian dari jurnal Science Forest, ikan gabus berpotensi menjadi obat terapeutik yang mengandung sifat antijamur dan antibakteri untuk mengatasi penyakit menular.

Meskipun tidak langsung membasmi strain penyebab penyakit menular, manfaat antijamur dan antibakteri pada ekstrak ikan gabus dianggap cukup baik untuk pengobatan pada manusia. Sebab, ketika diuji, ekstrak ikan gabus tidak menimbulkan efek samping apa pun.

Jangan sepelekan ikan gabus yang mudah Anda temukan di pasaran. Mengonsumsi jenis ikan air tawar ini ternyata baik bagi kesehatan dan sekarang sedang diteliti terkait penyembuhan gejala virus corona.(Din)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

Menperin : Pangsa Pasar Besar, Pemerintah Dorong Optimalisasi Industri Halal

Published

on

Continue Reading

Headline

Raja-Raja Melayu Tolak Usulan Darurat Nasional

Published

on

Continue Reading

Headline

PM Bulgaria Boyko Borissov Positif Terinfeksi Covid-19

Published

on

Continue Reading
Loading...