Connect with us

Headline

‘Face Shield’ Kurang Efektif Cegah Penularan Covid-19

Published

on

Realitarakyat.com – Efektivitas Face Shield (penutup wajah dari plastik) sebagai alat pencegah penularan Covid-19 diuji.

Uji oleh Fugaku, superkomputer tercepat di dunia dari Jepang ini menghasilkan hampir 100 persen droplet berukuran kurang dari 5 mikrometer (setara dengan sepersejuta meter) lolos melalui penutup wajah tersebut.

“Berdasarkan hasil simulasi, sayangnya efektivitas face shield dalam mencegah penyebaran droplet dari mulut orang yang terinfeksi masih terbatas dibandingkan dengan masker,” ujar pemimpin penelitian di Riken Makoto Tsubokura, seperti dikutip Guardian, Minggu (27/9/2020).

Face shield digunakan oleh pegawai di industri restoran juga tidak efektif untuk menjebak droplet berukuran lebih besar, 50 mikrometer. Ternyata sekitar setengahnya dapat lolos dari face shield.

Penelitian ini dilakukan oleh Riken, pusat peneliti yang didukung pemerintah di Kobe, Jepang. Adapun metode yang digunakan saat simulasi yaitu, Fugaku menggabungkan aliran udara dengan ribuan partikel berbagai ukuran.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Trump: Serangan Teroris Islam Radikal Harus Dihentikan!

Published

on

Continue Reading

Headline

Ini 5 Langkah MA Cegah COVID-19 di Lingkungan Peradilan

Published

on

Continue Reading

Daerah

Pertimbangan Kondisi Perusahaan, UMP Sulbar Tidak Naik

Published

on

Continue Reading
Loading...