Connect with us

pendidikan

Pemuda Kota Baubau Buat Terobosan untuk Pendidikan

Published

on

Realitarakyat.com- Sejumlah pemuda di Kota Baubau Sulawesi Tenggara (Sultra) menginisiasi program pembelajaran outdoor bagi anak-anak yang mengalami berbagai kendala selama belajar online pada Senin (5/10/2020).

Program tersebut bernama Belajar Suka-Suka (BSS) yang menyasar pelajar yang bermukim di lokasi blank spot utamanya daerah pesisir, tidak memiliki handphone android, kesulitan membeli paket internet, serta orang tua yang kesulitan mendampingi proses belajar anak.

“Program BSS ini hadir untuk masyarakat khususnya bagi mereka yang kurang mampu,” kata Penggerak Program Belajar Suka Suka Muh Yunan.

Dia menuturkan, program tersebut dibentuk untuk membantu proses pembelajaran anak usia SD hingga SMA dimasa pandemi saat ini secara cuma-cuma atau gratis.

Sejauh ini relawan yang telah siap mengedukasi pelajar sejumlah 12 orang, dan akan bertambah seiring dengan berjalannya program.

“Kami terbuka untuk siapa saya yang ingin terlibat menjadi relawan, kalaupun akan ada donatur mungkin akan dikomersilkan, tapi tidak seperti lembaga kursus, kami lebih ke belajar outdoor,” jelasnya.

Dimasa pandemi, lanjut Yunan, proses pembelajaran program BSS akan berlangsung diluar ruangan dan akan tetap menerapkan protocol kesehatan salah satunya dengan menyediakan media cuci tangan dan menjaga jarak.

Setiap kelurahan akan mendapatkan giliran secara terstruktur, sehingga tidak ada lagi generasi Baubau yang luput dari ilmu pengetahuan karena minimnya fasilitas.

“Kami akan kerjasama pihak Kelurahan, Karantaruna, RT/RW untuk memudahkan kami bisa hadir dan menyasar mereka yang membutuhkan pendampingan kami,” tambahnya.

BSS Baubau siap memberikan pendapingan diantaranya tugas sekolah, belajar bahasa inggris, tehnik dasar design grafis, dan belajar masalah lingkungan.

Selain mata pelajaran umum, BSS pun siap mengedekukasi peserta didik dengan kegiatan ekstrakulikuler mulai dari mewarnai, menganyam, membuat pupuk kompos, desinfektan, seni, tarian, bahkan mengaji.

“Hubungi Kakak 085824268521 dan Whatsapp di 082271198149,” tutupnya.(ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Wakil Ketus Komisi X Sebut Pendidikan Jarak Jauh Belum Efektif

Published

on

ist/net
Continue Reading

DPD

Komitmen Pendidikan Bemutu di Masa Pandemi, Komite III DPD Kolaborasi dengan Mendikbud

Published

on

ist/net
Continue Reading

Headline

16 Santri Ponpes Al Hidayah Jambi terkonfirmasi positif COVID-19

Published

on

Continue Reading
Loading...