Connect with us

Kesehatan

Ketua MPR Minta Aparat Daerah Perlakukan Masyarakat Terpapas Covid-19 Secara Wajar

Published

on

ist/net

Realitarakyat.com – Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta aparat pemerintahan di desa, baik lurah, camat maupun tingkat RT/RW bersama tokoh masyarakat, secara bersama untuk memperlakukan masyarakat yang terpapar covid-19 secara wajar.

Bamsoet, demikian sapaan akrab Bambang Soesatyo, juga mengajak seluruh warganya untuk tidak bersikap diskriminatif terhadap warga yang terpapar Covid-19, serta memberikan dukungan secara moril yang dapat mengurangi beban bagi orang yang berjuang melawan Covid-19.

“Perlakuan itu perlu diberikan, sebagai bentuk kepedulian antarwarga dalam kehidupan bermasyarakat. Mengingat, pengucilan malah akan membuat pasien semakin tertekan yang dapat memperpanjang proses penyembuhan,” ujar Bamsoet, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/10/2020).

Dia mengatakan hal itu, menyikapi masih banyaknya stigma negatif dari masyarakat yang menjadi beban ganda bagi pasien Covid-19. Menurut dia, tidak hanya berjuang melawan penyakit, mereka juga menerima tekanan psikis.

Karena itu, dia mmendorong pemerintah dapat memberikan pendampingan dan layanan pemeriksaan mental bagi setiap pasien Covid-19, yang dapat membantu pasien memperbaiki mental health untuk bisa segera sembuh dan kembali beraktivitas.

“Saya mendorong pemerintah daerah dengan melibatkan sejumlah kalangan, termasuk tokoh masyarakat dan tokoh agama, untuk memperbaiki strategi pendekatan kepada masyarakat, sehingga informasi ataupun pemahaman yang disampaikan mengenai pandemi covid-19, dapat diterima baik oleh masyarakat. Mengingat, keterlibatan tokoh masyarakat sangat diperlukan untuk membangun konstruksi bersama yang sejalan dengan pemerintah,” ujar politisi Partai Golkar ini.

Tak hanya itu, dia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan solidaritas sosial bersama dalam menangani pandemi Covid-19, serta mengimbau agar patuh terhadap setiap instruksi ataupun kebijakan pemerintah agar terhindar dari paparan virus Covid-19. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kesehatan

Kapolri: Pemuda Berperan Putus Rantai Penularan COVID-19

Published

on

ist/net
Continue Reading

Kesehatan

Saat Liburan Panjang, Gubernur Anies Ajak Masyarakat Terapkan Prokes di Lingkungan Keluarga

Published

on

ist/net
Continue Reading

Daerah

Perpanjang PSBB, Pusat Keramaian di Bogor Tetap Tutup Pukul 20.00 WIB

Published

on

ist/net
Continue Reading
Loading...