Connect with us

Headline

Mantan Wapres JK Akan Bantu Penyelesaian Konflik di Papua

Published

on

Realitarakyat.com – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berjanji membantu pemerintah menyelesaikan konflik di Papua melalui jalur perdamaian.

“Dalam hal ini tidak boleh ada pihak yang merasa kalah dan dilecehkan martabatnya. Misalnya pada saat upaya damai Aceh, pihak GAM tidak pernah menyerahkan senjatanya ke pihak pemerintah, namun mereka potong sendiri menjadi dua bagian. Itu adalah upaya menjaga martabat pihak GAM,” kata JK saat dihubungi lewat telp Seluler, Kamis (15/10/2020).

Ia meyakini bisa menyelesaikan konflik di Papua. Kata JK, pemerintah telah berulang kali menghadapi situasi serupa, yakni konflik separatisme. Salah satu terbilang sukses dengan jalan diplomasi yakni konflik dengan Aceh.

“Selama Indonesia merdeka kita telah mengalami 15 kali konflik yang besar, yang korbannya di atas 1.000 Jiwa. Dari 15 konflik tersebut 13 kita selesaikan melalui operasi militer dan sisanya melalui jalur perdamaian,” kata JK.

Meski begitu, JK mengingatkan bahwa masalah Papua dan Aceh memiliki pendekatan diplomasi berbeda. Perbedaan pendekatan ini didasari perbedaan organisasi yang menyulut keinginan memisahkan diri dari NKRI.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

BMKG : Hari Ini 29 Oktober 2020, Waspada Hujan Lebat Akan Mengguyur Jaksel Siang Hari

Published

on

Continue Reading

Headline

Polri Kembali Panggil Ahmad Yani

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Presiden Jokowi Sebut Industri Keuangan Syariah adalah Raksasa yang Sedang Tidur

Published

on

Continue Reading
Loading...