Connect with us

Headline

Iran: Embargo Senjata Dicabut, Kami Bisa Beli Senjata Lagi

Published

on

Realitarakyat.com – Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan, setelah bertahun-tahun akhirnya embargo senjata terhadap Iran resmi dicabut hari ini, Minggu (18/10). Dengan dicabutnya embargo senjata ini, Iran bisa membeli senjata dari negara lain.

“Mulai hari ini, semua pembatasan atas transfer senjata, aktivitas terkait dan layanan keuangan ke dan dari Iran,” kata Kementerian Luar Negeri Iran dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik.

“Semua larangan terkait masuk atau transit melalui wilayah Negara Anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa yang sebelumnya diberlakukan di sejumlah negara Iran. warga negara dan pejabat militer, semuanya otomatis diberhentikan,” sambungnya.

Menurut Kementerian Luar Negeri Iran, tidak ada tindakan khusus yang diperlukan dari pihak mereka karena embargo dicabut secara otomatis jika tidak ada perpanjangan atau tindakan tambahan yang diambil oleh Dewan Keamanan (DK) PBB.

Teheran mengatakan, ini memberi otoritas kebebasan memerintah untuk melakukan kebijakan pertahanan baru hanya berdasarkan keputusannya sendiri.

“Oleh karena itu, mulai hari ini, Iran dapat memperoleh senjata dan peralatan yang diperlukan dari sumber mana pun tanpa batasan hukum dan hanya berdasarkan kebutuhan pertahanannya, dan juga dapat mengekspor persenjataan pertahanan berdasarkan kebijakannya sendiri,” ujarnya.

Pencabutan embargo senjata terhadap Iran sendiri adalah bagian dari kesepakatan nuklir 2015 dengan negara kekuatan dunia. Amerika Serikat (AS), sebelumnya sempat berusaha memperpanjang embargo senjata ini, namun upaya mereka menemui penolakan.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

BMKG : Jabodetabek Berpotensi Hujan

Published

on

Continue Reading

DPD

DPD RI Beri Keterangan Permohonan Atas Pengujian UU Minerba Terhadap UUD 1945

Published

on

Continue Reading

Headline

Besok, Mantan Walikota Kupang Diperiksa Lagi

Published

on

Continue Reading
Loading...