Connect with us

Nasional

Wapres: Angka Kebutaan di Indonesia Tertinggi dari Thailand, India dan Bangladesh

Published

on

ist/net

Realitarakyat.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan bahwa angka kebutaan di Indonesia cukup tinggi bila dibandingkan dengan negara lain, seperti Thailand, India dan Bangladesh.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Perhimpunan Spesialis Mata Indonesia Perdami), prevalensi kebutaan di Indonesia adalah 1,5 persen atau sekitar 3 juta orang.

“Angka ini tertinggi bila dibandingkan dengan Thailand 0,6 persen, India 0,7 persen, dan Bangladesh 1 persen,” kata Ma’ruf saat meresmikan secara virtual penambahan layanan Retina Center, di Rumah Sakit Achmad Wardi, Serang, Banten, Rabu (21/10/2020).

Ma’ruf mengatakan, saat ini kebutaan di negara Indonesia paling banyak terjadi akibat katarak, glaukoma, dan gangguan retina.

Oleh karena itu, Wapres menyambut positif adanya tambahan layanan layanan retina dan glaukoma di Rumah Sakit Achmad Wardi tersebut.

“Artinya masyarakat Serang dan sekitarnya dapat memperoleh layanan rawat mata berkualitas di lokasi terdekat,” katanya.

Menurut mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini menilai, kesehatan merupakan faktor penting bagi terwujudnya sumber daya manusia yang unggul.

Dengan demikian, berbagai upaya untuk meningkatkan kapasitas layanan kesehatan patut diapresiasi, adapun Rumah Sakit Achmad Wardi yang diresmikan tahun 2017 merupakan rumah sakit pertama di Asia yang dibangun melalui dana wakaf.

Penambahan layanan Retina Center juga dibangun melalui dana wakaf yang merupakan kerja sama antara Badan Wakaf Indonesia dan Dompet Dhuafa.

“Hal ini sangat sejalan dengan harapan saya untuk menjadikan wakaf sebagai salah satu pilar peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju Indonesia maju dan berdaya saing,” ujarnya.

Menurut Ma”ruf pembangunan rumah sakit dari dana wakaf tersebut menjadi contoh bahwa penggalangan dana wakaf dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan demikian, ia pun berharap penggalangan dana wakaf perlu terus ditingkatkan untuk dapat banyak membantu masyarakat. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

KKP Serahkan ke Presiden Soal Pengganti Edhy

Published

on

Continue Reading

DPR

DPR Usul Bentuk Badan Pengawas Perpres TNI

Published

on

Aziz Syamsuddin (ist/net)
Continue Reading

Nasional

Partai Baru Bermunculan, Elektabilitas PDIP-PSI Naik

Published

on

Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta SK (ist/net)
Continue Reading
Loading...