Connect with us

Headline

Lambannya Industri Turunan Batubara Harus Dicari Solusinya

Published

on

Realitarakyat.com – Industri turunan batubara di Indonesia masih belum bisa berjalan cepat. Karenanya, Presiden Joko Widodo menyatakan, ingin ada solusi untuk bisa segera mengatasi masalah lambannya industri turunan batubara. Selama ini, Indonesia masih bermain sebagai pengekspor batubara mentah ke luar negeri.

“Saya ingin dicarikan solusi mengatasi kelambanan industri turunan batubara ini, karena kita sudah lama sekali mengekspor batubara mentah ini,” ujar Jokowi dalam Rapat Terbatas secara virtual mengenai Percepatan Peningkatan Nilai Tambah Batubara, dari Istana Kepresidenan Bogor, pada Jumat (23/10/2020).

Jokowi mengungkapkan, bahwa posisi Indonesia sebagai pengekspor batubara mentah harus segera diakhiri, dan berubah menjadi pengekspor pengolah barang setengah jadi atau barang jadi.

“Saya kira memang harus segera diakhiri, sehingga bila ada beberapa perpanjangan dengan kewajiban untuk memulai ini,” kata Jokowi lebih lanjut.

Ia juga menginstruksikan agar peta jalan atau roadmap batubara dalam negeri dipercepat. Hal ini bertujuan agar Indonesia bisa segera bergeser dari negara pengekspor barang mentah menjadi pengolah bahan mentah sebagai barang jadi atau setengah jadi.

“Saya minta roadmap optimalisasi pemanfaatn batubara dlm negeri betul-betul dipercepat dgn penerapan tekno yang ramah lingkungan,” tambah Jokowi.

Posisi Indonesia pun menurut Jokowi harus segera bergeser dari pengekspor bahan mentah menjadi pengolah barang setengah jadi atau barang jadi.

“Jadi ini saya kira strategi besar yang kita harus konsisten untuk menjalankannya,” pungkas Jokowi.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Kasus Bank NTT Cabang Surabaya, Jaksa Selamatkan Uang Negara Rp. 128 miliar

Published

on

Continue Reading

Headline

Dirjen GTK : Guru Honorer Dibantu Belajar Agar Lolos PPPK

Published

on

Continue Reading

Daerah

Terbukti Korupsi, Muhamad Ruslan Divonis 10 Tahun Penjara

Published

on

Continue Reading
Loading...