Connect with us

Daerah

Jika Ditemukan Dua Alat Bukti, Ketua DPRD Kota Kupang Bakal Susul Jonas Salean

Published

on

Realitarakyat.com – Saat ini tim penyidik Tindak Pidana Khusus (Tipidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTT terus mendalami kasus dugaan korupsi bagi – bagi tanah di Kota Kupang yang menyeret Mantan Walikota Kupang, Jonas Salean dan mantan Kepala BPN Kota Kupang, Thomas More.

Saat ini, tim penyidik Tipidsus Kejati NTT mengarahkan pandangan pada tiga unsur pimpinan DPRD Kota Kupang Tahun 2016 – 2017 lalu diantaranya Yeskiel Loudoe, Kris Baitanu dan Marthinus Meda (mantan wakil Ketua DPRD Kota Kupang).

Kasi Penkum dan Humas Kejati NTT, Abdul Hakim, S. H kepada wartawan, Sabtu (24/10/2020) menegaskan bahwa jika dalam tahap penyidikan (Dik) tim penyidik Tipidsus Kejati NTT menemukan dua (2) alat bukti yang cukup, maka ketiga unsur pimpinan saat itu bakal ditetapkan sebagai tersangka.

Selain dua alat bukti, lanjut Abdul, jika tim penyidik Tipidsus Kejati NTT menemukan unsur niat jahat (mensrea) dari ketiga orang tersebut maka secara pasti akan ditetapkan sebagai tersangka menyusul mantan Walikota Kupang, Jonas Salean.

“Jika dalam tahap penyidikan (Dik) ditemukan niat jahat (mensrea) dan dua alat bukti maka ketiga orang itu sebagai unsur pimpinan bakal ditetapkan sebagai tersangka,” tegas Abdul.

Ketika ditanya apakah akan menunggu hasil persidangan, Abdul kembali menegaskan bahwa tidak perlu lagi menunggu hasil persidangan untuk ditetapkan sebagai tersangka jika dua alat bukti dan niat jahat ketiganya ditemukan dalam tahap penyidikan (Dik).

Namun, lanjut Abdul, untuk saat ini ketiganya masih berstatus sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi bagi – bagi tanah yang merupakan aset Pemerintah Kota Kupang Tahun 2016 – 2017 dengan nilai kerugian sebesar Rp. 66 miliar.

Ditambahkan Abdul, dalam perkara ini juga tim penyidik Tipidsus Kejati NTT sedang mendalami kewenangan dan kebijakan ketiga unsur pimpinan DPRD Kota Kupang saat itu dalam kasus dugaan korupsi bagi – bagi tanah yang merupakan aset Kota Kupang.(rey)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

KPU Bandung Targetkan Logistik Pilbup Sampai di Kecamatan Pekan Depan

Published

on

Agus Baroya (ist/net )
Continue Reading

Daerah

Kasus Labuan Bajo, Penyidik Kejati NTT Panggil 10 Orang Saksi ke Kupang

Published

on

Continue Reading

Daerah

Ada Dua Proyek yang Janggal, KPK Diminta Panggil Bupati Purbalingga

Published

on

Continue Reading
Loading...