Connect with us

Headline

Stok Darah PMI Menurun, Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Berdonor

Published

on

Realitarakyat.com – Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini membuat jumlah stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) menurun, karena berkurangnya jumlah pendonor yang menyumbangkan darahnya di tengah kekhawatiran masyarakat untuk mendatangi PMI dan melakukan donor darah.

Padahal, darah tersebut sangat diperlukan sebagai terapi penyakit para pasien penderita thalasemia, demam berdarah, operasi saat melahirkan, dan kecelakaan.

PMI juga telah menerapkan protokol kesehatan ketat mulai dari pemeriksaan suhu para calon donor, wawancara terkait kemungkinan tertular Covid-19, pemeriksaan fisik sederhana, hingga melakukan disinfeksi berkala.

Menyikapi kondisi tersebut, Pembina Relawan Siaga, Sandiaga Uno, mengajak masyarakat untuk melakukan donor dalam acara bertema “Sarapan & Donor Darah Bersama Relawan Siaga dan Sandiaga Uno” yang diadakan di sekretariat Relawan Siaga di Jalan Wijaya 1 No 81, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

“Situasi pandemi yang belum juga membaik membuat stok darah di PMI turun. Kenapa? Karena masyarakat takut pergi donor darah. Untuk mengantisipasi hal itu, saya beserta Relawan Siaga dan bekerjasama dengan PMI hari ini mengajak teman-teman, saudara-saudara semua untuk tetap berdonasi darah. Banyak saudara kita lainnya yang sangat memerlukan darah kita,” kata Sandi di Jakarta, Sabtu (24/10/2020).

Usai menyumbangkan darahnya, Sandi dan Tim Relawan Siaga menikmati sarapan bersama ratusan pendonor darah. Turut meramaikan acara adalah Ketua Umum Relawan Siaga Letjen (Purn) Agus Sutomo Mayjen (Purn) Gadang Pambudi (Ketua Harian), HMBC Rikrik Rizkiyana (Sekjend), Wandi Yulius (Bendahara Umum), Aresdi Mahdi Asyathry (Kabid Komunikasi/Ketua Acara), dan Jeje Nurjaman (Kabid Kerjasama), serta Nur Asia Uno. Pada kesempatan yang sama, Ketua Harian Relawan Siaga Mayjen (Purn) Gadang Pambudi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan donor darah bersama PMI akan menjadi kegiatan rutin yang dilakukan organisasi sosial tersebut sepanjang tahun ini dan beberapa tahun ke depan.

“Relawan Siaga akan selalu ada untuk membantu saudara-saudara kita yang memerlukan bantuan sosial. Kerja sama donor darah bersama PMI ini akan menjadi kegiatan rutin kami pada tahun-tahun ke depan,” jelas Gadang.

Seperti diketahui Relawan Siaga adalah organisasi sosial untuk kemanusiaan yang didirikan antara lain oleh Letjen (Purn) Agus Sutomo (Mantan Pangdam Jaya dan Danjen Kopassus), Sandiaga S Uno, dan HMBC Rikrik Rizkiyana (Advokat sekaligus Filantropi).(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Bamsoet Minta Pemerintah Korea Selatan Berikan Perhatian Khusus Kepada WNI Penderita Corona

Published

on

Continue Reading

Headline

Puan: Perjuangkan Kesejahteraan Guru, Khususnya Honorer

Published

on

Continue Reading

Headline

Penagkapan Eddy Prabowo Dipimpin Langsung Novel Baswedan

Published

on

Continue Reading
Loading...