Connect with us

Headline

Kapal Vietnam Dominasi Pencurian Ikan di Natuna

Published

on

Realitarakyat.com – Pencurian ikan yang dilakukan oleh kapal ikan asing (KIA) berbendera Vietnam, meningkat dalam 5 bulan ini. Otoritas pengawasan pemerintah Indonesia , diminta perlu meningkatkan intensitas operasi pengawasan di laut Natuna Utara.

Destructive Fishing Watch (DFW) Indonesia mencatat, dalam periode Juni-Oktober 2020 dari 31 kapal asing ilegal yang ditangkap kapal pengawasa milik KKP, Bakamla dan Angkatan Laut, 21 diantaranya merupakan KIA berbendera Vietnam..

Menurut Koordinator Nasional DFW-Indonesia, Moh Abdi Suhufan. meningkatnya aksi pencurian oleh kapal Vietnam perlu mendapat perhatian oleh pemerintah Indonesia.

“Kami mencatat penangkapan yang dilakukan oleh aparat Indonesia sering kali mendapat perlawanan oleh kapal Vietnam dengan menabrakan diri, ini berbahaya dan perlu antisipasi yang tinggi,” kata Abdi dalam pernyataan resmi, Rabu (28/10/2020).

Abdi menyebut, laut Natuna semakin rawan karena meningkatnya ekskalasi di Laut Cina Selatan akhir-akhir ini, pemerintah perlu merespon secara hati-hati dan tegas sebab selain pencurian ikan, juga terjadi pelanggaran kedaulatan dengan masuknya kapal China di wilayah laut Indonesia.

“Ada 2 hal yang terjadi di laut Natuna yaitu pencurian ikan oleh kapal Vietnam dan pelanggaran kedaulatan oleh kapal China,” imbuhnya.

Sementara itu, peneliti DFW-Indonesia, Muh Arifuddin menambahkan, kerawanan pencurian ikan di Natuna perlu direspon dengan meningkatkan pengawasan.

“Kombinasi patroli laut dan udara perlu dilakukan oleh unsur pengawasan Indonesia,” ujar Arif.

Arif menyarankan, agar patroli dan latihan gabungan militer Indoensia perlu dijadwalkan secara rutin agar kehadiran unsur militer Indonesia bisa diperlihatkan.

“Indonesia tidak bisa pasif dan berdiam diri dengan maraknya pencurian ikan dan pelanggaran kedaulautan di Natuna,” ucapnya.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

PDIP Ogah Beri Bantuan Hukum ke Wali Kota Cimahi

Published

on

Djarot Saiful Hidayat/Net
Continue Reading

Headline

Tak Ada Orang Gerbong PA 212 di Kepengurusan Baru MUI

Published

on

Continue Reading

Headline

Dirjen GTK : Pengangkatan Guru PPPK Dijamin Tidak Akan Molor

Published

on

Continue Reading
Loading...