Connect with us

Headline

Kecam Pernyataan Macron, AHY: Menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai Kartun Melukai Umat Islam

Published

on

Realitarakyat.com – Presiden Perancis, Emmanuel Macron mendapatkan kecaman dari sejumlah negara dan umat Islam

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menilai dilihat dari aspek apapun, sikap Macron tidak bisa dibenarkan. Dia menerangkan kebebasan dalam demokrasi harus didasari pada toleransi dan penghormatan terhadap keberagaman, termasuk agama.

“Masyarakat Perancis dengan demokrasi yang mapan tentu paham menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai kartun bisa melukai umat Islam dunia. Sayang, hal semacam itu dibiarkan berulang-ulang,” ujarnya melalui akun Twitter @AgusYudhoyono, yang dikutip Realitarakyat.com, Jumat (30/10/2020).

AHY berharap Perancis sebagai negara demokrasi mampu memberikan contoh yang baik dalam perlindungan dan penghormatan terhadap hak-hak kelompok minoritas. “Saya meyakini, demokrasi, kebebasan, dan toleransi bisa berjalan beriringan,” ucap Putra Sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Partai Demokrat mendorong Pemerintah Indonesia untuk bersikap tegas terhadap Perancis. Kementerian Luar Negeri sendiri telah memanggil dan bertemu Duta Besar Perancis Olivier Chambard pada Selasa (27/10/2020).

“Pemanggilan dubes Perancis oleh Kementerian Luar Negeri (Kemlu) harus dipastikan pesan Indonesia benar-benar didengar. Jangan membiarkan kontroversi ini berlarut-larut dan timbulkan hal-hal tidak produktif di tengah pandemi,” tuturnya.

Gelombang protes terhadap pernyataan Macron mengalir deras dari sejumlah organisasi dan tokoh masyarakat Indonesia. Hal yang wajar mengingat mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam.

“Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar dunia, Indonesia punya tanggung jawab moral untuk menyuarakan aspirasi Muslim dunia. Saya mengajak saudara-saudara Umat Islam untuk menahan diri dan tidak terprovokasi. Mari kita buktikan, Islam sebagai Rahmatan Lil Alamin, membawa rahmat dan pesan damai bagi dunia,” pungkasnya.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPD

Ketua DPD Doakan Surya Paloh Segera Sembuh

Published

on

Continue Reading

Headline

Menjadi Pasukan Berprestasi, Pimpinan MPR Anugerahkan Piagam Penghargaan Kepada Yonif Raider 300/Brajawijaya

Published

on

Continue Reading

DPD

Komite IV DPD RI Dorong Peningkatan Pemeriksa Kinerja

Published

on

Continue Reading
Loading...